Kemasan Produk Tingkatkan Daya Jual Produk UMKM Desa Wisata -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

Kemasan Produk Tingkatkan Daya Jual Produk UMKM Desa Wisata

Pengemasan atau yang lebih dikenal dengan kemasan adalah suatu tempat atau wadah untuk melindungi suatu produk sekaligus untuk mengemasnya, menjadi salah satu unsur terpenting bagi produsen dalam menawarkan produknya, l pengemasan oleh karena itu bukan hanya sekedar pengemasan atau pelindung tambahan, pengemasan menjadi ciri khas isinya, tanda, nama, tanda bagi pemiliknya alias “kemasan adalah tanda”. 


kemasan produk umkm desa wisata
kemasan produk umkm desa wisata

Pengemasan harus diperhatikan dalam perencanaan. Kemasan bukanlah hal yang esensial dalam pemasaran produk, bahkan ada hal yang lebih penting yang harus menjadi perhatian produsen yaitu jaminan kualitas dan keamanan produk yang ditawarkan, namun kemasan memang berperan. berperan dalam merebut hati konsumen memilih produk yang ditawarkan Kemasan sangat mempengaruhi penampilan produk, menjaga umur simpan dan kebersihan produk dalam jangka waktu tertentu sehingga menarik konsumen. 


Fungi Kemasan Produk UMKM Desa Wisata

Pertama, Fungsi kemasan yang berbeda harus diperhatikan oleh produsen terlebih dahulu berat atau berat dan jenis produk yang akan dimasukkan dalam kemasan harus diketahui sebagai lokasi atau wadah untuk menentukan hari di mana kemasan dimuat. 


Kedua, sebagai identitas. Identifikasi suatu produk sangat penting karena produk perusahaan biasanya dijual bersamaan dengan produk lain yang sejenis. Oleh karena itu, kemasan suatu produk dapat digunakan untuk membedakannya dengan produk sejenis lainnya yang dibuat oleh produsen lain.


Ketiga, sebagai alat komunikasi. Kemasan dapat digunakan secara tidak langsung sebagai alat komunikasi dengan konsumen, dimana kemasan menunjukkan merek, gambar dan pesan yang memberikan informasi yang membangkitkan rasa ingin tahu, memberikan petunjuk penggunaan produk, komposisi bahan produk serta informasi. hal-hal lain yang ada di dalam kotak. 


Keempat, memudahkan penggunaan produk. Fungsi lain dari kemasan adalah untuk memudahkan penggunaan produk oleh konsumen. Kenyamanan bagi konsumen dalam hal kemasan yang mudah dibuka, isinya mudah dikeluarkan dan mudah dibawa-bawa.


Kelima, promosikan produk. Kemasan yang dapat melindungi dan mempermudah penggunaan produk, menambah nilai jual dan promosi produk. Biasanya, barang konsumsi di supermarket atau toko ritel ditempatkan berdekatan dengan produk pesaing. 


Keenam membawa daya tarik. merupakan faktor utama, bisa saja dengan produk yang sama, kualitas yang sama dan harga yang sama, tetapi dengan kemasan produk yang berbeda, tingkat penjualannya berbeda karena kemasan produk yang kurang menarik.


Pentingnya Inovasi Produk dengan Kemasan yang Menarik

Inovasi produk bertujuan buat mempertahankan kelangsungan hayati perusahaan, lantaran produk yg sudah terdapat rentan terhadap perubahan kebutuhan & kesukaan konsumen, teknologi, daur hayati produk yg lebih singkat, dan meningkatnya persaingan domestik & luar negeri.


Inovasi produk yg dilakukan haruslah melalui output penelitian pasar, sebagai akibatnya bisa membentuk produk yg sinkron menggunakan kesukaan konsumen. Meskipun perusahaan mementingkan mutunya, namun bila perusahaan nir memperhatikan kesukaan konsumen., maka akan mengakibatkan produknya nir diminati, bahkan konsumennya akan beralih dalam produk lain, sebagai akibatnya penjualan akan turun.


Pada saat yang sama, faktor lain yang diperhitungkan dalam hal pengemasan, terutama plastik, adalah tren pengemasan yang ramah lingkungan. Plastik (terbuat dari jagung) juga dapat didaur ulang. Di Eropa kesadaran tidak begitu baik, tapi mungkin segera. Seiring dengan pemanasan, ini jelas merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Saat ini, bahan kemasan yang berkelanjutan atau kemasan yang ramah lingkungan menjadi fokus perhatian dalam industri kemasan. 


Peran Teknologi Untuk Inovasi Kemasan Produk UMKM Desa Wisata

Dengan kemajuan teknologi, para ahli di bidang ini merekomendasikan untuk mengurangi bahan yang tidak perlu dalam kemasan. dan menghindari bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan. Warna kemasan lebih budaya, misalnya hitam dihindari di banyak negara untuk makanan. Tapi di Jepang dan Spanyol itu tidak masalah. Warna memiliki unsur psikologis, misalnya kuning membawa kebahagiaan, merah memberi nafsu makan, oranye berkonotasi ekonomi.


Dari beberapa uraian di atas, penggunaan kemasan untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk dapat dipertimbangkan.Pengembangan inovasi dalam kemasan sangat penting untuk memperpanjang umur simpan suatu produk.'' suatu produk dan mendukung bahan kemasan yang berkelanjutan program.

Kelas Digital Marketing Kelas Digital Marketing