Pesona Desa Wisata Kulon Progo - Tempat Wisata Jogja

Pesona Desa Wisata Kulon Progo - Tempat Wisata Jogja


Desa Wisata Kulon Progo (Dewi Progo) menyimpan pesona alam, budaya, dan kearifan lokal yang unik dan terjaga keasriannya. Di Kabupaten Kulon Progo terdapat desa wisata yang sampai saat ini menyajikan beragam atraksi desa wisata. Desa Wisata Kulon Progo juga menyimpan destinasi wisata yang tentunya rekomended untuk dikunjungi.

desa-wisata-kulon-progo
Panorama Alam Desa Wisata Kulon Progo di Dewi Tinalah Samigaluh

Desa Wisata Kulon Progo merupakan destinasi yang wajib di kunjungi ketika tiba di tempat wisata Jogja. Mengapa begitu? Dengan adanya bandara baru di Jogja yaitu Yogyakarta International Airport (YIA) yang berada di kawasan wisata Kulon Progo, tentu wisatawan yang datang di Jogja bisa mengagendakan untuk berwisata ke desa wisata yang menyimpan eksotisme Jogja.

Berikut ini informasi Desa Wisata Kulon Progo yang bisa dikunjungi oleh berbagai wisatawan, baik yang sedang berada di tempat wisata Jogja ataupun di sekitar tempat wisata Borobudur. Wisatawan bisa memulai rute perjalanan desa wisata Kulon Progo dari kawasan pegunungan sampai tempat wisata pantai.

Desa Wisata Kulon Progo yang tersebar di setiap Kapanewon (Kecamatan) se-Kabupaten Kulon Progo. Setiap desa wisata di Kulon Progo mempunyai keunikan paket atraksi desa wisata yang berbeda.

Desa Wisata Nglinggo (Pagerharjo)

Desa Wisata Nglinggo (Dewi Nglinggo) merupakan desa wisata di Kulon Progo yang berada di kawasan pegunungan, ujung utara wilayah Kabupaten Kulon Progo. Atraksi utama di Dewi Nglinggo adalah atraksi alam dan budaya ada juga atraksi buatan untuk berbagai pilihan atraksi wisata.

desa-wisata-kulon-progo-di-desa-wisata-nglinggo
Desa Wisata Kulon Progo di Desa Wisata Nglinggo Pagerharjo Samigaluh

Di Dewi Nglinggo wisatawan bisa menikmati pemandangan indah kawasan perkebunan teh sekaligus bisa ikut kegiatan meetik teh dan membuat teh secara tradisional.  Selain teh, terdapat juga gula aren dan kopi.

Di Dewi Nglinggo terdapat atraksi budaya Lengger Tapeng yang juga bisa dinikmati secara rombongan. Wisatawan juga bisa menginap, di Dewi Nglinggo terdapat tempat penginapan yang nyaman. Jika ingin menikmati sensasi adrenalin, tersedia juga paket wisata off road.

Alamat Desa Wisata Nglinggo: Pagerharjo , Samigaluh, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55673

Desa Wisata Sidoharjo

Desa Wisata Sidoharjo ini lokasi dekat dengan Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah). Jarak dari Dewi Tinalah sekitar 5 km. Di Desa Wisata Sidoharjo memiliki destinasi wisata alam yang lumayan banyak. Terdapat air terjun Sidoharjo yang terkenal di tempat wisata Kulon Progo.

desa-wisata-kulon-progo-di-desa-wisata-sidoharjo
Desa Wisata Kulon Progo di Desa Wisata Sidoharjo Samigaluh

Bagi yang suka dengan tempat wisata untuk swafoto, di Desa Wisata Sidoharjo juga ada destinasi wisata di wisata Watu Tekek. Anda bisa mengabadikan foto-foto indah dengan pemandangan berlatar belakang pegunungan yang asri.

Jika Anda suka berwisata kuliner, Anda bisa mencoba berbagai varian kuliner di Desa Wisata Sidharjo. Terdapat pilihan kedai untuk menikmati kuliner, Anda bisa menikmatinya di Kedai Kopi Marwiyah atau di Kedai Kopi Pak Rohmat. Sajian kuliner dan kopi moka Menoreh ada di kedai tersebut.

Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah)

Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) merupakan desa wisata yang berada di Kapanewon (Kecamatan) Samigaluh. Satu kapanewon dengan Desa Wisata Pagerharjo dan Desa Wisata Sidoharjo. Dewi Tinalah merupakan pintu gerbang wisata di Kapanewon Samigaluh.

desa-wisata-kulon-progo-di-desa-wisata-tinalah-samigaluh
Desa Wisata Kulon Progo - Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) tempat wisata di Samigaluh

Desa Wisata Tinalah memiliki jejak sejarah dunia tentang jejak Perang Jawa pasukan Pangeran Diponegoro dan Pasukan Belanda (1825-1830). Kawasan Dewi Tinalah merupakan jalur perjuangan Pangeran Diponegoro. Tempat yang menjadi basecamp Pangeran Diponegoro dan pasukanya ada di kawasan wisata alam Goa Sriti.

Jika Anda datang ke kawasan Dewi Tinalah, Anda akan disambut Patung Pangeran Diponegoro yang menunjuk arah Goa Sriti. Arah menuju tempat wisata Goa Sriti terdapat Rumah Sandi Negara yang juga memiliki sejarah perjuangan rakyat Indonesia.

Rumah Sandi merupakan rumah yang bersejarah karena digunakan untuk markas para sandiman pada masa Agresi Belanda II. Tempat ini merupakan markas untuk menyampaikan berbagai informasi tentang masih tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada waktu itu.

Dewi Tinalah menawarkan paket atraksi desa wisata yang beragam, terdapat paket inap homestay, camping, outbound, tempat makrab, workshop kuliner dan kerajinan desa, jelajah alam desa. Di Dewi Tinalah terdapat juga wisata alam untuk swafoto di kawasan wisata alam Puncak Kleco.

Alamat Desa Wisata Tinalah
: Jl. Persandian Km.5, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta, (Dewi Tinalah, 2013).

Desa Wisata Dekso (Dewa Dekso) - Kalibawang

Desa Wisata Dekso merupakan desa wisata Kulon Progo yang berada di Kapanewon Kalibawang. Lokasi Dewa Dekso dekat dengan Desa Wisata Tinalah, kurang lebih 5 km. Dewa Dekso juga menyimpan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro, di Dewa Dekso terdapat tempat makam pasukan Bulkio Pangeran Diponegoro.

desa-wisata-kulon-progo-di-desa-wisata-dekso-kalibawang
Desa Wisata Kulon Progo di Desa Wisata Dekso Kalibawang
 
Di Dewa Dekso terdapat juga tempat camping, paket kuliner, desatinasi wisata Tegal Pule, dan berbagai atraksi desa wisata lainnya. Jika Anda suka kegiatan wisata adventure, di Dewa Dekso juga terdapat paket atraksi wisata Off Road yang akan menantang adrenalin Anda.

Desa Wisata Banjaroya (Dewa Bara)

Desa Wisata Banjaroya atau yang dikenal dengan Dewa Bara merupakan Desa Wisata Kulon Progo yang berada di Kapanewon Kalibawang. Jarak tempuh Dewa Bara dari Desa Wisata Tinalah sekitar 12 km. Jalan menuju lokasi Dewa Bara sudah beraspal dan bisa dilalui berbagai macam kendaraan.

desa-wisata-kulon-progo-desa-wisata-banjaroya
Desa Wisata Kulon Progo di Desa Wisata Banjaroya - Photo oleh Dewa Bara

Anda bisa berkunjung ke Dewa Bara untuk berwisata dan sekaligus bisa mendapatkan berbagai pengalaman tinggal bersama penduduk desa yang bersahaja dan sederhana. Tentu kesempatan ini jarang sekali terjadi bagi orang-orang kota karena berbagai kesibukan dan budaya hidup yang berbeda.

Di Dewa Bara juga terdapat tempat wisata terkenal berupa tempat wisata religi di Sendangsono. Selain itu, Anda bisa berkeliling sepeda di kawasan pedesaan menuju Embung Tonegoro, makam Nyi Ageng Serang, Bendung Ancol, belajar seni tradisi, pertanian, peternakan, dan membuat makanan tradisional.

Pada bulan-bulan tertentu saat musim durian, Anda bisa mengikuti Festival Durian di Res Area Banjaroya. Durian dari kawasan Dewa Bara terkenal dengan Durian Menoreh Kuning yang merupakan durian unggul di Desa Wisata Banjaroya.

Desa Wisata Sermo (Dewi Sermo)

Desa Wisata Sermo merupakan desa wisata Kulon Progo yang ada di Kapanewon Kokap. Dewi Sermo mempunyai tempat wisata berupa waduk yang dikenal dengan Waduk Sermo. Anda bisa menikmati atraksi jelajah waduk dengan naik kapal. Selain itu juga bisa melakukan kegiatan camping di sekitaran pinggiran waduk, menikmati syahdunya alam di kawasan Desa Wisata Sermo.

desa-wisata-kulon-progo-di-desa-wisata-sermo
Panorama Desa Wisata Sermo kawasan Desa Wisata Kulon Progo - Photo Dinpar Kulon Progo

Aktivitas yang bisa dilakukan di Desa Wisata Sermo diantaranya yaitu berinteraksi langsund dengan warga dalam berbagai kegiatan, membuat gula semut, makanan geblek dan minuman jamu gendong. Jika Anda suka dengan aktivitas budaya, Anda bisa belajar gamelan, tari incling, dan tari Angguk.

Alamat Desa Wisata Sermo: Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, D.I Yogyakarta

Semoga informasi tentang Desa Wisata Kulon Progo ini bermanfaat sebagai referensi memilih tempat wisata Kulon Progo saat berada di kawasan wisata Jogja. Rasakan serunya berwisata di kawasan Desa Wisata Kulon Progo. Dapatkan berbagai pengalaman seru dan tak terlupakan. Yuk ke Desa Wisata Kulon Progo!