Tentang Dewi Tinalah -->

Tentang Dewi Tinalah


Desa wisata merupakan suatu daerah tujuan wisata atau disebut pula destinasi pariwisata, yang mengintegrasikan daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku (UU. No. 10 Th. 2009; Nuryanti, 1993).

Desa Wisata Tinalah merupakan desa wisata yang terletak di kawasan Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh yang memiliki konsep penyatuan alam dan nilai-nilai budaya dengan slogan Pesona Alam dan Budaya. Nama Desa Wisata Tinalah diambil dari nama Sungai Tinalah. Desa Wisata Tinalah sering disebut dengan nama Dewi Tinalah merupakan salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Yogyakarta.


desa wisata tinalah kulon progo yogyakarta
 
Dewi Tinalah merupakan Brand Desa Wisata Tinalah yang telah digunakan sejak tahun 2013. Nama ini unik dan terdengar cantik. Dewi Tinalah menggambarkan sosok sahabat yang selalu memberikan rasa nyaman dan ketenangan. Hal ini menjadi moto Desa Wisata Tinalah dengan mengusung konsep pengembangan desa wisata dengan tag line Pesona Alam dan Budaya.

Alamat Dewi Tinalah berada di Jalan Persandian Km. 5. Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini terletak kawasan Bukit Menoreh pada ketingian 117 mdpl dengan suhu harian 25-32 dc. Kawasan pegunungan dan sungai dapat dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat, mengembalikan kesegaran, dan semangat Anda setelah kesibukan aktivitas kerja yang padat dan melelahkan. Udara yang segar menjadikan diri Anda rileks dan sehat.  


AKSESIBILITAS LOKASI

Lokasi dapat ditempuh dengan segala jenis kendaraan pribadi, mobil, motor, dan bus dengan jarak dari lokasi:

  • Kota Yogyakarta 25 km
  • Stasiun Yogyakarta 25 km
  • Stasiun Wates 20km
  • Bandara Adi Sucipto 30km
  • Puskesmas Samigaluh 24 jam 3km
  • Praktik Bidan 2km
  • Praktik Dokter 4km
  • Mushola 50 m
  • Masjid 200m
  • Pasar tradisional 5km
  • Bank, Pertokoan, Fotocopy 5km

Kegiatan Apa yang bisa dilakukan di Desa Wisata Tinalah?

Anda dapat menikmati paket menarik dan berbagai kegiatan di desa wisata yang disediakan di sini, seperti: Menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap bersama alam, menginap di rumah Joglo, out bound (mancakrida: ina), camping area, makrab Jogja, Tinalah Tubing, family dan community gathering, Tinalah Trekking, susur Sungai Tinalah, Joglo Meeting Room, Live in, wisata alam di Puncak Kleco.

Telah banyak penyelenggara kegaitan yang melakukan kegiatan wisata di Desa Wisata Tinalah baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Berbagai tipe wisatawan yang berminat datang ke Dewi Tinalah yaitu solo wisatawan, rombongan, instansi sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun swasta, organisasi, maupun komunitas.

Anda dapat memilih layanan Paket Wisata Jogja dan Paket Wisata Kulon Progo di Desa Wisata Tinalah. Segera hubungi narahubung Dewi Tinalah untuk menikmati berbagai paket kegiatan yang seru dan penuh kenangan.