Tentang Dewi Tinalah -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

Tentang Dewi Tinalah


Desa wisata merupakan suatu daerah tujuan wisata atau disebut pula destinasi pariwisata, yang mengintegrasikan daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku (UU. No. 10 Th. 2009; Nuryanti, 1993).

Desa Wisata Tinalah merupakan desa wisata yang terletak di kawasan Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh yang memiliki konsep penyatuan alam dan nilai-nilai budaya dengan slogan Pesona Alam dan Budaya. Nama Desa Wisata Tinalah diambil dari nama Sungai Tinalah. Desa Wisata Tinalah sering disebut dengan nama Dewi Tinalah merupakan salah satu tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di kawasan Wisata Yogyakarta.


desa wisata tinalah kulon progo yogyakarta
 

Asal Usul Nama Dewi Tinalah

Dewi Tinalah merupakan Brand Desa Wisata Tinalah yang telah digunakan sejak tahun 2013. Nama ini unik dan terdengar cantik. Dewi Tinalah menggambarkan sosok sahabat yang selalu memberikan rasa nyaman dan ketenangan. Hal ini menjadi moto Desa Wisata Tinalah dengan mengusung konsep pengembangan desa wisata dengan tag line Pesona Alam dan Budaya. Tinalah ini sebagai simbol kehidupan seperti Sungai Tinalah yang selalu mengalir memberikan sumber kehidupan bagi sekitar.

Tinalah berasal dari kata dasar Talah dalam bahasa Jawa yang berarti bergegas atau bersegera. Dalam tata bahasa jawa terdapat seselan atau imbuhan in dengan penguatan arti membuat kata tersebut menjadi kata yang berarti kata kerja. Talah dan seselan in menjadi Tinalah yang dapat diartikan sebagai bersegera atau bergegas untuk bekerja atau membuat karya. Hal ini seperti sifat air yang selalu mengalir memberikan kebermanfaatan bagi sekitar. Semangat bergegas untuk berkarya menjadi semangat masyarakat di kalurahan Purwoharjo untuk terus berkarya mengkreasikan seluruh potensi desa.

Perjalanan Desa Wisata Tinalah

Perjalanan Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) dalam merintis dan mengembangkan desa wisata tentu melewati proses yang panjang. Berawal dari Program PNPM Pariwisata di tahun 2012, Dewi Tinalah mendapatkan pendanaan untuk pengembangan pariwisata di Desa Purwoharjo untuk mendirikan desa wisata, mulai terbentuk kegiatan 1 Oktober 2012. Memperoleh SK dari Pemerintah Desa Purwoharjo No 19 Tahun 2015 tentang Pengurus Desa Wisata Tinalah "Dewi Tinalah" Desa Purwoharjo tertanggal 9 November 2015. Tahun 2016 Mendapatkan SK Dinas Parwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo Nomor 556/70/Kpts/IX/2016 tentang Pengukuhan Desa Wisata Tinalah tertanggal 7 November 2016.




Tahun 2015 sd 2017 Dewi Tinalah mendapatkan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata dari Program Ekonomi Bisnis Vokasi Universitas Gadjah Mada. Program ini berfokus pada tata kelola desa wisata, pengembangan paket wisata, promosi, dan pengembangan souvenir desa wisata.

Tahun 2016, Tim Merti Bumi Tinalah dari Masyarakat Desa Wisata Tinalah meraih juara 1 tingkat DIY dalam kagiatan Upacara Adat (seni, tari, bregodo,jatilan) pada 24 Juli 2016 dan mewakili DIY di Festival Upacara Adat tingkat Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (23/10/2016). Upacara adat Merti Bumi Tinalah merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Tunggal atas semua anugerah dan karunia yang dilimpahkan ke masyarakat di Dewi Tinalah.

Pengembangan desa wisata selanjutnya di tahun 2017, Dewi Tinalah berfokus mengembangkan adopsi teknologi untuk pengelolaan desa wisata terutama dalam penguatan promosi secara online / digital melalui web, media sosial, email, serta berbagai macam media online.

Tahun 2017 sd 2019, Dewi Tinalah melakukan berbagai penguatan untuk pengelolaan desa wisata dengan mengikuti berbagai pelatihan, dan sertifikasi untuk penguatan sumber daya manusia di tata kelola desa wisata, seperti pemandu lokal dan houskeeping untuk homestay di desa wisata. 

Tahun 2021 Dewi Tinalah mendapatkan Juara 2 Gelar Ekonomi Kreatif Desa Wisata Kulon Progo dan Juara 5 Gelar Potensi Desa Wisata Kulon Progo Simulasi CHSE Wisata di Masa Pandemi. Di tahun 2021 ini juga Desa Wisata Tinalah masuk dalam Top 50 Desa Wisata di Indonesia dan Juara 4 Kategori Desa Wisata Digital dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 dari Kemenparekraf / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 

Tahun 2021 Dewi Tinalah ikut dalam ajang Desa Wisata BCA Award dan juga Pembinaan & Kompetensi Virtual Tour Desa Wisata pembinaan dari Semut Nusantara, Sebumi, dan Bank Mandiri. Ditahun ini juga Dewi Tinalah ikut dalam Astra Tourism  & Craft Academy.

Akhir tahun 2021, Kolaborasi Dewi Tinalah bersama dengan Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) UAJY dan UKRIM Yogyakarta mendapatkan peringkat 2 Terbaik Nasional dalam Program Penelitian Kebijakan Kampus Merdeka (MBKM) dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS 2021. 

Tahun 2022 Website Dewi Tinalah masuk 50 Besar Website Kategori Wisata di Indonesia dari total website 10.982.089 versi Similar Site Search  Similas.Net (data 20 Januari 2022). Media website merupakan salah satu indikator kriteria dari Desa Wisata Digital untuk menyajikan informasi desa wisata secara langkap melalui media online.

Pengembangan desa wisata tentu sangat banyak hal yang perlu disiapkan, salah satunya kuliner. Dewi Tinalah tahun 2022 mendapatkan fasilitasi Bimtek untuk pengembangan kuliner desa wisata melalui program Bimbingan Teknis Gerakan Usaha Kreatif (GUK). Kegiatan ini sebagai bentuk fasilitasi desa wisata yang masuk dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (14 April 2021). Pada kesempatan ini Dewi Tinalah mendapatkan penilaian tertinggi pembuatan Kuliner "Kreatif Mengolah Pangan Lokal".
 
Langkah masyarakat di Desa Wisata Tinalah dalam mengembangkan pariwisata di Kalurahan Purwoharjo pada 19 Mei 2022 mendapatkan penghargaan Creative Tourism Destination Award 2022 yang melibatkan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia, Indonesia Marketing Association dan MarkPlus Tourism. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap pengelola destinasi yang mampu berinovasi dengan berbagai aktivitas kreatif untuk membangkitkan kembali sektor .pariwisata Indonesia. Dewi Tinalah mendapatkan 3 penghargaan dalam kategori Digital, Youth, dan SDGs.

Perjalanan dan proses pengembangan Desa Wisata Tinalah tentu akan berjalan secara dinamis dan adaptif sesuai dengan trend kondisi yang dilalui. Info perjalanan Dewi Tinalah akan selalu diperbarui secara berkala di media Web ini.

Alamat Desa Wisata Tinalah

Alamat Dewi Tinalah berada di Jalan Persandian Km. 5. Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini terletak kawasan Bukit Menoreh pada ketingian 117 mdpl dengan suhu harian 25-32 dc. Kawasan pegunungan dan sungai dapat dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat, mengembalikan kesegaran, dan semangat Anda setelah kesibukan aktivitas kerja yang padat dan melelahkan. Udara yang segar menjadikan diri Anda rileks dan sehat.  


AKSESIBILITAS LOKASI

Lokasi dapat ditempuh dengan segala jenis kendaraan pribadi, mobil, motor, dan bus dengan jarak dari lokasi:

  • Kota Yogyakarta 25 km
  • Stasiun Yogyakarta 25 km
  • Stasiun Wates 20km
  • Bandara Adi Sucipto 30km
  • Bandara International Yogyakarta 23km
  • Puskesmas Samigaluh 24 jam 3km
  • Praktik Bidan 2km
  • Praktik Dokter 4km
  • Mushola 50 m
  • Masjid 200m
  • Pasar tradisional 5km
  • Bank, Pertokoan, Fotocopy 5km

Kegiatan Apa yang bisa dilakukan di Desa Wisata Tinalah?

Anda dapat menikmati paket menarik dan berbagai kegiatan di desa wisata yang disediakan di sini, seperti: Menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap bersama alam, menginap di rumah Joglo, out bound (mancakrida: ina), camping area, makrab Jogja, Tinalah Tubing, family dan community gathering, Tinalah Trekking, susur Sungai Tinalah, Joglo Meeting Room, Live in, wisata alam di Puncak Kleco, Situs Rumah Sandi Negara.

Bagi Anda yang ingin belajar tetang tahap merintis dan mengembangkan desa wisata dapat juga menghubungi Dewi Tinalah. Anda dapat mempelajari tentang POKDARWIS (kelompok sadar wisata), tata kelola desa wisata berkelanjutan dan bersinergi, serta praktik terbaik pemasaran pariwisata desa wisata secara online - digital era 4.0. yang telah dipraktikkan oleh Dewi Tinalah.

Telah banyak penyelenggara kegaitan yang melakukan kegiatan wisata di Desa Wisata Tinalah baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Berbagai tipe wisatawan yang berminat datang ke Dewi Tinalah yaitu solo wisatawan, rombongan, instansi sekolah, perguruan tinggi, instansi pemerintah maupun swasta, organisasi, maupun komunitas.

Anda dapat memilih layanan Paket Wisata Jogja dan Paket Wisata Kulon Progo di Desa Wisata Tinalah. Segera hubungi narahubung Dewi Tinalah untuk menikmati berbagai paket kegiatan yang seru dan penuh kenangan.





Kelas Digital Marketing >