Puncak Kleco - Desa Wisata Tinalah -->

Puncak Kleco - Desa Wisata Tinalah


Destinasi Wisata Alam Puncak Kleco Desa Wisata Tinalah 

Saat berwisata di Desa Wisata Tinalah, wisatawan bisa berkunjung ke kawasan wisata alam Puncak Kleco. Tempat wisata ini merupakan destinasi tertinggi di Desa Wisata Tinalah. Pemandangan di Puncak Kleco begitu memukau.

wisata-alam-jogja-di-puncak-kleco-desa-wisata-tinalah
Spot Selfie Jogja di Puncak Kleco Desa Wisata Tinalah

Tentu tidak asing lagi nama Puncak Klecok di kalangan wisatawan. Meskipun termasuk tempat wisata baru, tapi sudah banyak wisatawan yang berkunjung di sini. Lokasi Puncak Kleco berada di kawasan Desa Wisata Tinalah. Tepatnya di dusun Duwet, desa Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Waktu tempuh dari pusat kota Jogja kurang lebih 1 jam. Dapat diakses menggunakan sepeda motor maupun mobil. Tiket masuk hanya Rp6.500. Jasa Ojek Rp15.000 (info harga tahun 2020) sudah termasuk Asuransi Bumi Putera Syariah. Tentu sangat terjangkau.

Panorama Wisata Jogja di Puncak Kleco Desa Wisata Tinalah

Spot utama di wisata Puncak Kleco adalah gardu pandang dengan latar belakang panorama alam yang menawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan pegunungan menorah, Gunung Merapi dan Merbabu, aliran Sungai Tinalah, dan hamparan sawah yang elok. Wisatawan dapat menikmati matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset) di lokasi ini, sangat cocok untuk pecinta fotography. Di tempat ini tersedia ayunan-ayunan dan gazebo untuk bersantai.  Kamu juga dapat berswafoto dengan pernak-pernik yang ada, seperti speda tua, miniature kapal, bunga-bunga, dll. Terdapat juga warung-warung kecil yang menyajikan makanan dan minuman khas daerah setempat.

Info: Tempat Outbound di Jogja Paling Direkomendasikan

Jika kamu suka dengan kegiatan camping, di lokasi ini kamu dapat mendirikan tenda. Di malam hari kamu bisa melihat keindahan kota Yogyakarta dengan cahaya lampu yang gemerlap. Kamu juga bisa melakukan fungame di pagi harinya. Ada juga river tubing(Tinalah River Tubing), jika kamu suka dengan aktivitas di air dan outbound. Pokoknya lengkap deh, di Puncak Kleco ini.

Berbagai upacara adat dilakukan secara rutin di Wisata Alam Puncak Kleco. Kegiatan ini merupakan budaya yang telah dilakukan oleh para leluhur. Kegiatan yang rutin dilakukan adalah upacara adat Angler Wiwitan Tandur dan memetri Belik Ngancar. Hal ini dilakukan sebagai simbol rasya sukur warga sekitar Puncak Kleco atas karunia Tuhan yang berlimpah, dan sebagai doa agar diberikan keselamatan dalam menjalankan tugas di muka bumi.

Baca Juga: Upacara Adat Memetri Tuk Ngancar Puncak Kleco

Peta Lokasi