60 Ide Usaha Kecil di Desa, Pasti Menghasilkan Wajib Lakukan! -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

60 Ide Usaha Kecil di Desa, Pasti Menghasilkan Wajib Lakukan!

Ide Bisnis / Usaha Kecil untuk Siapapun yang Ingin Menjalankan Bisnis Sendiri. Ide usaha kecil Co-founder Airbnb, Brian Chesky, mengatakan, "Jika kami mencoba memikirkan ide yang bagus, kami tidak akan bisa memikirkan ide yang bagus. Anda hanya perlu menemukan solusi untuk masalah dalam hidup Anda sendiri. "


Solusi ini pun tercipta seperti pemanfaatan potensi yang ada di desa. Solusi permasalahan dari pemanfaatan kelapa muda, kini di Dewi Tinalah dikembangkan produk ekonomi kreatif berbahan lokal dari kelapa, terciptalah Wingko Tinalah. Masih banyak ide usaha lain, simak secara lengkap di artikel ini.


ide-usaha-kecil-di-desa


Jika Anda seperti Brian dan Anda sudah memikirkan solusi untuk masalah yang Anda hadapi dalam hidup Anda — atau Anda sedang dalam perjalanan untuk melakukannya — maka memulai bisnis kecil mungkin ada di masa depan Anda. Mungkin juga untuk Anda jika Anda bermimpi keluar dari pekerjaan jam sembilan sampai jam lima untuk terakhir kalinya dan menjadi bos Anda sendiri.


Untuk membantu Anda memulai, berikut adalah daftar ide bisnis kecil yang dipisahkan menjadi tiga bagian utama:


  • Ide Bisnis Kecil Terbaik
  • Ide Bisnis Rumah
  • Bagaimana Memulai Bisnis Kecil di Rumah


Langkah pertama untuk menjadi pengusaha sukses adalah menemukan ide bisnis yang cocok untuk Anda. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan lusinan ide bisnis kecil yang dapat Anda mulai dari rumah dan ditingkatkan seiring pertumbuhan klien Anda.


Ide Bisnis Kecil Terbaik


1. Tukang

Apakah Anda selalu memperbaiki barang-barang di sekitar rumah? Sering on-call ketika teman-teman membutuhkan proyek-proyek kecil untuk diselesaikan? Buat situs web , lakukan analisis kompetitif untuk menentukan nilai waktu dan keahlian Anda, dan hubungi teman yang telah Anda bantu sebelumnya untuk referensi.


2. Tukang Kayu

Demikian pula, jika Anda memiliki hasrat untuk membuat furnitur indah atau barang-barang rumah lainnya dari kayu, itu bisa menjadi ceruk bisnis kecil untuk Anda. Mulailah dengan membuat daftar beberapa karya Anda di situs seperti Etsy . Setelah Anda membangun pengikut, pertimbangkan untuk memulai situs web, menerima pesanan khusus, atau memperluas ke pekerjaan pelapisan ulang dan pelapis.


3. Konsultan Kencan Online

Konsultan kencan biasanya mengenakan biaya untuk waktu mereka. Mereka membantu orang membuat profil kencan online yang sukses, mencari kemungkinan kecocokan dari luar saluran online biasa, dan menawarkan tingkat personalisasi yang tidak dapat dilakukan situs seperti Tinder. Pikirkan Anda punya bakat untuk pertandingan? Ini mungkin bisnis untuk Anda.


4. Spesialis Menjahit dan Merubah

Orang akan selalu membutuhkan pakaian yang diikat dan kancing yang diperbaiki — dan Anda bisa menjadi orang yang melakukannya. Jika Anda suka menjahit, mulailah dengan menawarkan layanan sederhana seperti yang disebutkan di atas dan perluas repertoar Anda ke penjahitan dan desain saat Anda membangun basis dan permintaan pelanggan.


5. Pengembang Lepas

Dari membangun situs web untuk usaha kecil lainnya hingga memberikan dukungan teknis untuk proyek tertentu, pengembangan web berkualitas sangat diminati saat ini. Sebagai pengembang web, Anda tentu memiliki keahlian teknis. Saring pengetahuan dan keahlian Anda sehingga pelanggan yang tidak memiliki pengalaman Anda dapat memahami apa yang akan Anda bantu untuk mereka capai.


Untuk membantu dengan ini, uji pesan Anda pada teman dan keluarga yang tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang pekerjaan yang Anda lakukan. Jika mereka dapat meringkas apa yang Anda lakukan, pesan Anda kemungkinan besar akan efektif di antara orang-orang di luar industri Anda.


6. Pelatih Pribadi

Tawarkan konsultasi di rumah, nutrisi yang dipersonalisasi dan rejimen olahraga, dan kamp pelatihan komunitas untuk menyebarkan berita. Jangan lupa untuk mengisi feed Instagram dengan kutipan inspirasional, video latihan gratis, dan ide camilan lezat juga — ini adalah cara umum bagi pakar kebugaran untuk membangun merek mereka di dunia digital kita.


Jika Anda memilih untuk mengikuti rute ini, tidak apa-apa untuk memulai dari yang kecil terlebih dahulu, kemudian meningkatkannya. Misalnya, MOURfit adalah bisnis pelatihan pribadi di Indianapolis yang dimulai di gym bersama, kemudian berkembang menjadi gym pribadi yang menawarkan kebugaran kelompok, pelatihan pribadi, dan layanan nutrisi. 


7. Desainer Grafis Freelance

Tetapkan jam kerja Anda sendiri, pilih proyek Anda, dan bangun portofolio serta bisnis yang Anda banggakan. Dari desain situs web hingga grafik blog dan banyak lagi, banyak perusahaan mencari desainer grafis berpengalaman untuk mendapatkan dukungan dalam berbagai proyek.


Jika Anda baru memulai dengan desain grafis, cobalah delapan tip dan trik ini yang ideal untuk pemula. Jika Anda lebih berpengalaman tetapi perlu membangun portofolio Anda untuk menarik klien, petunjuk ini akan membuat kreativitas Anda mengalir dalam waktu singkat.


8. Pelatih Kehidupan/ Karir

Jika Anda memiliki pengalaman menavigasi karier, pribadi, dan transisi sosial dengan sukses, manfaatkan dengan baik sebagai pelatih kehidupan atau karier. Banyak dari kita mencari bimbingan dalam karir kita — dan menemukan seseorang dengan waktu untuk membimbing kita bisa jadi sulit.


Pelatih kehidupan/karir tidak murah, tetapi mereka dapat menawarkan kepada klien pelatihan dan saran yang intens dan langsung yang mereka butuhkan untuk membuat langkah serius dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka. Lagi pula, setiap orang membutuhkan nasihat yang membangkitkan semangat dari waktu ke waktu.


Mencari inspirasi? Nariah Broadus telah mendedikasikan lebih dari 20 tahun untuk membantu orang-orang menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan menavigasi perubahan dengan sukses sebagai pelatih karier dan kepemimpinan. Lihat kisahnya untuk inspirasi lebih lanjut untuk memulai ide bisnis kecil ini.


9. Penulis Resume

Membuat resume, surat lamaran, dan — bila perlu — portofolio untuk pekerjaan baru bisa jadi sulit dan memakan waktu. Itu sebabnya banyak orang menyewa bantuan. Bantu klien dengan resume yang disesuaikan, surat lamaran yang diedit dengan indah, dan portofolio yang dibuat dengan hati-hati yang tidak mungkin diabaikan oleh pemberi kerja.


10. Penulis Lepas

Jika Anda memiliki keterampilan menulis , ada seseorang di luar sana yang bersedia membayar Anda untuk itu. Tulis posting blog, artikel majalah, dan salinan situs web yang berlimpah — pastikan Anda memiliki kerangka kerja yang dibangun untuk dibagikan dengan klien potensial. Bahkan jika Anda membuat beberapa potongan sampel untuk dimiliki, mereka akan membantu memamerkan karya Anda dan menarik bisnis baru.


11. Penerjemah

Berbicara bahasa asing? Mulai layanan terjemahan. Pertimbangkan untuk berspesialisasi dalam genre terjemahan tertentu, seperti terjemahan medis atau keuangan, karena Anda mungkin dapat memenuhi kebutuhan khusus di komunitas Anda.


12. Desainer Taman

Banyak orang memiliki keinginan untuk melakukan pekerjaan kotor di halaman belakang mereka, tetapi hanya sedikit yang memiliki pengetahuan untuk menyelesaikan bagian pertama dari proses ini – merancang dan merencanakan ruang halaman belakang. Buatlah desain untuk ruang luar klien Anda dan biarkan mereka melakukan penggalian yang sebenarnya.


13. Pemilik Toko E-niaga

Apakah Anda membuat, mengumpulkan, atau mengkurasi sesuatu yang istimewa? Pertimbangkan untuk memulai toko e - niaga dan mengubah hobi Anda menjadi pekerjaan penuh waktu. Apakah Anda membutuhkan tempat untuk menjual semua tembikar yang telah Anda buat, atau alasan untuk mencari memorabilia olahraga yang Anda sukai, toko e-niaga dapat membuat Anda layak secara finansial untuk mengejar hasrat Anda.


14. Penata Taman

Memotong, memangkas pohon, dan dekorasi musiman adalah semua kebutuhan lingkungan. Jika Anda memiliki atau dapat memperoleh peralatan, bisnis lansekap bisa menjadi urusan yang menguntungkan. Pelajari beberapa dasar sekarang dengan video tentang desain lansekap ini dari Lowe's: 


15. Videografer

Produksi video mengharuskan Anda untuk berinvestasi dalam peralatan di muka yang bisa sangat mahal. Tapi itu juga yang membuat layanan Anda begitu berharga. Pastikan Anda memiliki gulungan pekerjaan Anda untuk dibagikan atau buat situs web dengan beberapa pilihan pekerjaan Anda yang tersedia untuk pemirsa yang tertarik.


16. Fotografer

Mulailah dengan melakukan pemotretan untuk keluarga dan teman Anda. Saat Anda membangun badan kerja, mintalah referensi dan ulasan. Bisnis fotografi sering berkembang dari mulut ke mulut, jadi buat halaman Facebook tempat Anda dapat menandai klien baru-baru ini. Video yang Anda beri tag pada klien tersebut akan muncul di umpan berita teman mereka di mana mereka dapat melihat pekerjaan Anda. Anda juga dapat meminta mereka untuk meninggalkan ulasan di halaman bisnis Facebook Anda.


17. Perencana Perjalanan (Pemandu Lokal)

Waktu agen perjalanan mungkin akan berlalu, tetapi orang-orang masih mencari mereka yang memiliki kemampuan untuk koordinasi perjalanan yang lebih nontradisional. Jika Anda selalu merencanakan liburan yang sempurna lengkap dengan hotel yang indah, lokasi yang ideal, dan deretan restoran lezat yang berjejer setiap malam, pertimbangkan untuk mengiklankan layanan Anda sebagai pendekatan yang lebih modern untuk perencanaan perjalanan.


18. Spesialis Perincian Mobil

Layanan perincian mobil yang melakukan perjalanan ke klien nyaman bagi orang-orang sibuk yang tidak dapat menemukan waktu untuk menjalankan cuci mobil. Dengan bisnis ini, klien Anda hanya perlu membayar dan layanan akan dilakukan untuk mereka sebelum mereka menyadarinya. Pastikan Anda memiliki fleksibilitas, transportasi, dan peralatan untuk menjalankan bisnis Anda.


19. Inspektur Rumah

Bekerja sebagai inspektur rumah membutuhkan sertifikasi dan banyak keahlian, tetapi dapat menawarkan jadwal kerja yang fleksibel dan pendapatan yang stabil. Konfirmasikan persyaratan lisensi di negara Anda sebelum memulai jenis usaha kecil ini. Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memberikan layanan terbaik kepada klien Anda dengan mengatur semua kredensial Anda.


20. Pembersih Rumah

Dengan hambatan masuk yang rendah, membersihkan rumah bisa menjadi cara yang bagus untuk mulai melakukan apa yang Anda sukai — segera. Pertimbangkan beriklan ke rumah di lingkungan Anda dan dapatkan lebih banyak keuntungan dengan mendapatkan beberapa bisnis kecil sebagai klien juga. Mereka biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi untuk jumlah pekerjaan yang sama.


21. Koki Pribadi

Kita semua suka makan, tetapi hanya sedikit dari kita yang memiliki waktu atau energi untuk memasak makanan yang sehat dan lezat. Iklankan layanan Anda kepada keluarga dan bisnis lokal. Untuk menghemat biaya awal, pertimbangkan untuk menjadwalkan kelompok klien tertentu bersama-sama — katakanlah, vegetarian — sehingga Anda dapat memasak hidangan yang sama dalam jumlah yang lebih besar.


Hidangan lezat Chef Paul tersedia untuk klien di seluruh negeri. Niche kliennya terdiri dari atlet, bisnis perusahaan, dan gym lokal.


22. Manajer Properti

Banyak orang mempertahankan properti yang tidak mereka tinggali — sering kali berbasis di kota atau negara bagian yang berbeda. Sebagai manajer properti, Anda dapat membantu pemilik properti memastikan rumahnya dirawat dengan baik, menangani perbaikan kecil yang muncul, dan berfungsi sebagai penghubung bagi penyewa.


23. Fasilitator Layanan Pengepakan

Pindah selalu menyusahkan, dan banyak orang menyewa seluruh proses pengepakan. Ingin memiliki aliran klien yang stabil? Bermitra dengan layanan pindahan lokal yang akan merujuk klien baru kepada Anda.


24. Terapis Pijat

Menenangkan otot yang sakit dan meningkatkan kedamaian bagi klien Anda sebagai terapis pijat. Lihat kursus pelatihan dan sertifikasi di kota dan negara bagian Anda dan investasikan di tempat tidur portabel untuk menerima kunjungan klien.



25. Perajin

Menciptakan hal baru dengan tangan adalah cara yang menyenangkan dan unik untuk memulai bisnis kecil. Baik Anda membuat perhiasan, barang nyaman rajutan, atau bahkan wig khusus , mungkin ada pasar untuk produk Anda. Manfaatkan audiens Anda dengan pemasaran kreatif di media sosial dan optimalkan situs web Anda untuk mesin pencari menggunakan kata kunci yang menggambarkan produk yang Anda buat.


26. Pemilik B&B

Ini adalah usaha bisnis lain yang akan mengharuskan Anda untuk meneliti lisensi yang benar dari negara Anda, tetapi akan sangat berharga untuk melihat impian Anda menjadi kenyataan. Pertimbangkan apa yang akan dilakukan tamu untuk bepergian ke daerah Anda dan buat paket khusus dan masa inap bertema yang sesuai dengan minat mereka di tempat Anda.



27. Desainer Interior

Mirip dengan desain lansekap — ada banyak orang yang memiliki kemampuan untuk membeli perabotan dan dekorasi rumah yang mereka butuhkan untuk mengisi ruangan mereka, tetapi hanya sedikit yang tahu harus mulai dari mana. Mungkin perlu beberapa waktu untuk membangun portofolio tetapi mendokumentasikan proyek Anda dan membagikannya secara online dapat membangun basis penggemar di luar impian terliar Anda.



28. Pemilik Nirlaba

Jika Anda bermimpi mengabdikan hidup Anda untuk tujuan yang Anda yakini, mungkin inilah saatnya untuk memulai sebuah organisasi nirlaba. Anda harus memasukkan bisnis Anda dan mengajukan status bebas pajak 501(c)(3) — dan kemudian Anda akan diminta untuk memenuhi standar kepatuhan yang berkelanjutan, tetapi hasilnya memberikan dampak yang berarti pada tujuan yang Anda yakini di dalam.


29. Pemandu Wisata

Suka sejarah lokal kota atau negara bagian Anda? Pertimbangkan untuk menjadi pemandu wisata. Tentu, Anda harus melakukan banyak penelitian untuk dapat melakukan pekerjaan dengan baik, tapi itu setengah kesenangan. Bedakan diri Anda dengan menawarkan tur yang sesuai dengan ceruk tertentu dari sejarah komunitas Anda.


Beberapa pemandu wisata, seperti yang ada di Freedom Trail di Boston , menawarkan wisata jalan kaki bersejarah ke tempat-tempat paling angker di kota mereka, sementara yang lain mengatur wisata kuliner berpemandu agar para tamu dapat merasakan kota yang sebenarnya.


30. Guru

Baik Anda ahli matematika, ahli piano, atau penggemar Shakespeare, ada seseorang di luar sana yang membutuhkan sedikit bantuan di bidang keahlian Anda dan bersedia membayarnya. Iklankan layanan Anda melalui sekolah lokal, perguruan tinggi komunitas, pusat komunitas, dan bahkan media sosial untuk menyebarkan berita dan membangun basis pelanggan.


31. Konsultan

Jika Anda memiliki pengalaman yang signifikan atau pengetahuan tentang subjek tertentu, pertimbangkan untuk menjadi konsultan. Mungkin Anda ahli dalam praktik perekrutan, memiliki kemampuan untuk SEO , atau telah memimpin beberapa tim penjualan menuju kesuksesan enam digit. Identifikasi keahlian Anda dan pasarkan diri Anda sebagai konsultan dan kenakan tarif yang berlaku.


32. Pemilik Butik Pakaian

Jika Anda bermimpi membangun kerajaan mode Anda sendiri, mengapa tidak memulai dengan butik lokal? Bangun buzz dengan gaya pakaian yang mengesankan, akun media sosial yang menginspirasi, dan keterlibatan komunitas yang besar.


33. Perencana Acara

Anda dapat memilih untuk berspesialisasi dalam jenis acara tertentu — seperti pernikahan atau rapat perusahaan — atau mengatur diri Anda sebagai perencana acara untuk semua kegiatan. Jika Anda sangat terorganisir, berorientasi pada detail, dan memiliki pengalaman merencanakan acara besar, mungkin sudah saatnya orang lain mendapat manfaat dari keahlian Anda.


34. Pemilik Toko Makanan Khusus

Makanan gourmet, keju, sake, anggur — sebut saja makanan, ada toko makanan khusus di luar sana untuk itu. Manfaatkan hasrat Anda akan minyak zaitun eksotis dan buka toko seperti American Provisions di mana Anda menawarkan jenis keahlian dan pilihan yang tidak dapat diimpikan oleh audiens Anda dari toko kelontong lokal mereka.


35. Asisten Pribadi

Sekali lagi, jika Anda adalah orang yang terorganisir dan sangat detail, kehidupan asisten pribadi mungkin cocok untuk Anda. Tidak ingin terikat dengan satu kantor atau orang sepanjang hari, setiap hari? Pertimbangkan untuk menjadi asisten virtual, yang memungkinkan Anda mendapatkan lingkungan kerja yang lebih fleksibel.


36. Pemilik Truk Makanan

Selalu bermimpi memiliki restoran tetapi belum siap untuk mengambil risiko? Uji konsep Anda dengan truk makanan. Ini adalah cara yang bagus untuk mengenal lisensi makanan dan restoran di negara bagian Anda, melihat apa yang disukai dan tidak disukai orang, dan membangun banyak pengikut sebelum membuka atau berinvestasi di lokasi fisik.


Taco Nganas , sebuah truk taco di Memphis, TN, dimulai dengan satu truk makanan dan berkembang menjadi tiga, membangun basis pelanggan setia di sepanjang jalan.


37. Pemilik Toko Konsinyasi

Jika Anda menyukai gaya tetapi tidak ingin berinvestasi dalam inventaris butik baru, pertimbangkan untuk melakukan konsinyasi. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengumpulkan koleksi pakaian yang sesuai dengan tujuan dan estetika Anda, tanpa biaya tambahan dari butik yang menjual pakaian yang sama sekali baru.


38. Katering

Jika pertunjukan koki pribadi itu terlalu membatasi jadwal Anda, pertimbangkan katering sebagai gantinya. Pilih proyek Anda, kerjakan acara yang lebih sedikit tetapi lebih besar, dan asah keterampilan manajemen waktu Anda.


39. Pemilik gym

Gym kickboxing, studio yoga, CrossFit, astaga! Ubah hasrat Anda akan kebugaran menjadi komunitas untuk orang lain dengan membuat gym Anda sendiri — mulai dari awal, menjadi afiliasi, atau buka lokasi waralaba.


40. Pemilik Tempat Penitipan Anak

Pengasuhan anak terus menjadi permintaan yang tinggi. Sementara pengasuh anak dan pengasuh anak sedang populer saat ini, tempat penitipan anak yang baik sulit ditemukan. Penuhi kebutuhan di lingkungan Anda dengan membuka sendiri. Dan, seperti biasa, pastikan Anda mematuhi persyaratan zonasi, lisensi, asuransi, dan inspeksi kota dan negara bagian Anda.


41. Pemilik Agen Butik

Apa spesialisasi Anda? Baik itu pemasaran, media sosial, atau PR, mungkin sudah waktunya untuk memulai agensi Anda sendiri. Banyak usaha kecil lainnya membutuhkan jenis bantuan ini tetapi tidak memiliki sumber daya atau volume untuk memerlukan posisi penuh waktu.


Pertimbangkan untuk membangun tim kecil dan belajar dari pengusaha lain yang telah berhasil memulai agensi mereka sendiri, seperti Duane Brown dari Take Some Risk .


42. Pemilik Warung Kopi

Ubah kecanduan kafein Anda menjadi sesuatu yang sedikit lebih menguntungkan. Membuka waralaba atau membeli toko yang sudah ada adalah titik masuk berisiko rendah ke permainan kopi tetapi biasanya membutuhkan sedikit lebih banyak uang di muka. Memulai toko dari awal membutuhkan sedikit lebih banyak perencanaan dan lebih banyak pekerjaan — tetapi juga memaksimalkan potensi penghasilan Anda di masa depan.


43. Perusahaan Pindah

Sebuah truk, peralatan pindahan, tenaga kerja, dan izin serta asuransi yang benar adalah dasar untuk memulai perusahaan pindahan Anda sendiri . Namun, sebelum Anda membeli armada truk pertama Anda, mulailah dari yang kecil dengan van yang bergerak dan jaga agar biaya Anda tetap rendah.


44. Pementasan Rumah

Jika Anda memiliki bakat untuk desain interior, layanan pementasan mungkin berfungsi sebagai outlet kreatif dan panggilan profesional Anda. Anda dapat membangun portofolio dengan sedikit investasi awal dengan membuat rumah menggunakan perabotan dan dekorasi yang ada dari pemiliknya. Kebanyakan stagers akhirnya membangun inventaris furnitur saat mereka menjadi lebih mapan dan berjejaring dengan realtor area.


45. Dog Walker, Groomer, atau Trainer

Perizinan dan asuransi akan menjadi dua faktor terpenting dalam membuka bisnis jalan-jalan, perawatan, atau pelatihan anjing, tetapi rekan anjing Anda pasti akan menebus birokrasi awal. Untuk menguji air sebelum melompat, pertimbangkan untuk mengajak anjing jalan-jalan melewati perusahaan seperti Rover. Siap menjalankan acara Anda sendiri? Pertimbangkan waralaba seperti Dogtopia .


46. ​​Jual Kue Rumahan

Kue keping cokelat buatan gudang yang dibeli di toko tidak akan pernah bisa dibandingkan dengan kue kering yang dibuat dengan cinta di rumah seseorang. Makanan penutup sederhana dapat dengan mudah dipanggang dan dikemas untuk dijual di acara lokal atau di sekitar lingkungan Anda. Gunakan label khusus dan perhatikan penyebaran berita tentang barang Anda! 


47. Penata Rias

Banyak orang lebih memilih untuk merias wajah mereka secara profesional karena mereka mungkin tidak memiliki produk yang tepat atau hanya keterampilan. Bisa untuk acara khusus, pemotretan, atau video shoot, atau acara lainnya. Mampu melakukan berbagai tampilan yang berbeda akan membuat bisnis Anda lebih menarik bagi lebih banyak pelanggan.


48. Penyelenggara Profesional

Banyak orang berjuang dengan kekacauan atau disorganisasi di rumah dan kantor mereka. Ini bisa menjadi usaha besar untuk menciptakan sistem dan kebiasaan yang akan menciptakan organisasi yang berkelanjutan. Ambil banyak tempat penyimpanan dan pembuat label dan mulailah!


Ide Bisnis Rumah

Ide bisnis rumahan ini memberi Anda beberapa pilihan bisnis lagi yang berbasis di rumah atau online.


1. Pengkodean Programer

Frontend, backend, dan setiap jenis kode di antaranya, keterampilan ini tidak memerlukan interaksi langsung dengan klien Anda. Tetapi satu keterampilan yang ingin Anda bawa dari dunia tatap muka untuk jenis bisnis ini adalah mendengarkan secara aktif. Mungkin mudah untuk keluar dari zona saat membangun produk, tetapi mengembangkan koneksi dengan klien sama pentingnya dengan mengembangkan kode untuk situs web mereka.


Jika Anda selalu memperhatikan klien saat Anda tidak dapat berada di sekitar secara fisik, Anda dapat memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan pengembangan mereka dengan pekerjaan pengkodean Anda.


2. Pemilik Mesin Penjual Otomatis

Sejak 2015, tingkat pertumbuhan bisnis mesin penjual otomatis telah meningkat 1,4%. Meski pembatasan jarak sosial masih berlaku, bisnis ini masih bisa menguntungkan jika Anda memilih lokasi yang tepat. Lalu lintas tinggi adalah kuncinya — tempat-tempat seperti rumah sakit, sekolah, dan pusat komunitas adalah tempat yang cerdas untuk mulai menempatkan mesin Anda guna menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya dan menghasilkan keuntungan.


3. Manajer Media Sosial

Apakah Anda memiliki bakat untuk media sosial? Sebagai manajer media sosial, Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk mengelola akun media sosial untuk perusahaan dan bahkan individu. Pemasaran influencer telah menjadi lebih umum dan banyak influencer mengandalkan agen pemasaran atau karyawan untuk membantu mereka menjalankan saluran sosial mereka.


4. Petugas Entri Data

Banyak bisnis mencari pegawai entri data untuk membantu mereka memasukkan informasi ke dalam sistem komputer dan spreadsheet mereka. Jika Anda memiliki keterampilan komputer dan mengetik yang kuat, ini mungkin bisnis untuk Anda.


5. Editor Audio atau Video

Pada Maret 2021, ada 1,75 juta podcast tersedia untuk pendengar. Untuk alasan ini, merek beralih ke konten audio dan visual untuk terhubung dengan konsumen. Masalahnya adalah banyak yang tidak punya waktu untuk berinvestasi dalam produksi konten ini, atau mereka tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya. Editor audio dan video sangat dibutuhkan dalam hal menghasilkan konten berkualitas untuk audiens yang lapar.


6. Artis Pengisi Suara

Berbicara tentang podcast dan video, banyak pembuat konten mengakui nilai dan tingkat profesionalisme yang dapat dibawa oleh bakat suara yang hebat ke sebuah proyek. Ada pertunjukan di luar sana untuk intro/outro podcast, narasi untuk video penjelasan, atau bahkan pekerjaan suara untuk buku audio. Pelajari cara memulai tanpa pengalaman dari Kat Theo di bawah ini:


7. Pengasuh Hewan Peliharaan

Apakah Anda memiliki gairah untuk hewan peliharaan? Pertimbangkan untuk menjadi pengasuh hewan peliharaan. Saat pemilik hewan peliharaan sedang pergi berlibur, tempatkan hewan peliharaan mereka di rumah Anda atau berkunjung ke rumah mereka. Bergabunglah dengan layanan penitipan hewan peliharaan seperti Wag untuk memulai.


8. Tuan Rumah Liburan

Pernahkah Anda menggunakan layanan berbagi rumah alih-alih hotel? Anda bisa mencari nafkah dengan menjamu pengunjung di rumah Anda sendiri atau menyewakan kamar. Pertimbangkan untuk menjadi tuan rumah dengan perusahaan seperti Airbnb .


9. Penjual Permen

Jika Anda dibesarkan di lingkungan selatan yang erat, Anda mungkin akrab dengan " Wanita Permen ". Bisnis rumahan ini bisa dimulai oleh siapa saja yang bisa dipercaya di masyarakat. Selain menjual makanan ringan paling populer, penjual permen dapat menyediakan buah segar dan hasil bumi yang mungkin lebih sulit ditemukan jika Anda tinggal di gurun makanan.


10. Mulai Blog

Jika ada topik yang sangat Anda minati, maka ada audiens di luar sana yang juga sangat tertarik. Sebuah blog dapat digunakan untuk membangun komunitas online yang keterlibatannya dapat dimonetisasi. Pemasaran afiliasi , konten bersponsor , dan pemasaran bersama adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang setelah blog Anda mengembangkan pengikut.


11. Mengajar Kelas Online

Bimbingan sering dilakukan secara langsung dan dengan satu klien pada satu waktu. Mengajar kelas online dari jarak jauh menawarkan lebih banyak fleksibilitas karena Anda dapat mengajar banyak siswa dari rumah. Bahasa Inggris adalah mata pelajaran umum untuk kelas online karena banyaknya orang yang ingin mempelajarinya. Tetapi apa pun yang Anda kuasai dapat diterjemahkan ke kelas virtual.


12. Jual Barang Batch Kecil

Menggunakan bahan-bahan organik dan alami lebih mahal, tetapi sepadan. Ada banyak produk yang bisa Anda pelajari cara membuatnya di rumah tanpa bahan pengawet, bahan kimia, atau racun. Lilin, sabun, sampo, dan pelembab adalah beberapa contoh barang yang dapat Anda buat dan sesuaikan dengan wewangian khusus.


Bagaimana Memulai Bisnis Kecil di Desa?

  • Identifikasi ide bisnis kecil Anda.
  • Mulailah sebagai bisnis sampingan atau hobi.
  • Tentukan perangkat lunak Anda.
  • Buat rencana bisnis.
  • Putuskan apakah Anda akan menjadi LLC atau kepemilikan tunggal.
  • Buat rekening bank bisnis.
  • Tentukan apakah ide bisnis Anda berjalan dengan baik dari rumah.
  • Mengatur kantor.
  • Mulai bekerja!


1. Identifikasi ide bisnis kecil Anda.

Apakah Anda memilih opsi dari daftar di atas atau memiliki ide lain, penting untuk memiliki pengalaman, pelatihan, atau keterampilan yang diperlukan untuk menjadi sukses. Ingin menjalankan tempat penitipan anak tetapi belum pernah mengunjungi pusat penitipan anak yang sukses? Luangkan waktu untuk melakukan riset untuk mempelajari apakah ini benar-benar cocok untuk pengalaman, minat, dan audiens target Anda.


2. Mulai sebagai bisnis sampingan atau hobi.

Bisakah Anda menjalankan bisnis Anda sebagai sesuatu yang Anda lakukan di malam hari atau di akhir pekan (alias pekerjaan sampingan)? Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat beberapa kesalahan, menguji pasar, dan memahami apakah ide Anda memiliki landasan sebelum Anda berhenti dari pekerjaan pukul sembilan hingga lima dan kehilangan penghasilan utama Anda.


3. Tentukan perangkat lunak Anda.

Anda punya banyak hal di piring Anda saat pertama kali memulai. Tetapi satu langkah yang sangat penting (dan sering dilupakan oleh pengusaha pemula) adalah memutuskan perangkat lunak yang dapat membantu Anda menjadi lebih efisien seiring pertumbuhan bisnis Anda.


Setiap bisnis berbeda — tetapi hampir semua perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak untuk membantu analitik, manajemen proyek, akuntansi, pembukuan, pemasaran email, dan tugas dasar sehari-hari lainnya.


Salah satu perangkat lunak terpenting yang harus digunakan setiap bisnis kecil adalah platform CRM all-in-one gratis untuk melacak informasi pelanggan penting dalam satu database pusat. Ini akan membantu menyelaraskan tim Anda dan memastikan Anda tetap teratur seiring pertumbuhan bisnis Anda.


4. Buat rencana bisnis.

Tidak ada rencana bisnis? Tidak ada bisnis. Terutama jika ide bisnis kecil Anda membutuhkan investor, Anda harus menyusun rencana bisnis untuk memberikan gambaran tentang posisi pasar Anda, proyeksi keuangan Anda, dan keunggulan kompetitif unik Anda. Anda dapat mengunduh templat rencana bisnis gratis HubSpot secara gratis untuk memulai.

  • Rencana bisnis Anda harus mencakup elemen-elemen berikut:
  • Ringkasan eksekutif — Tinjauan tingkat tinggi tentang perusahaan dan penempatan pasar Anda.
  • Model bisnis — Uraikan apa yang dilakukan bisnis Anda, siapa yang dilayani bisnis Anda, dan bagaimana bisnis Anda terstruktur. Anda harus menyertakan deskripsi tentang produk dan layanan apa yang Anda tawarkan, dan bagaimana mereka memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.
  • Kondisi pasar — Ringkasan informasi pesaing terkait. Tentukan kekuatan dan kelemahan pesaing terdekat Anda.
  • Produk dan layanan — Gunakan bagian ini untuk menjelaskan produk dan layanan Anda secara mendetail, dan menguraikan apa yang membedakan produk Anda dari produk lain di pasar.
  • Operasi dan manajemen — Uraikan struktur organisasi, peran utama, dan tanggung jawab bisnis Anda.
  • Strategi pemasaran dan penjualan — Bagian ini harus menjelaskan bagaimana Anda akan memasarkan dan menjual produk Anda. Sertakan informasi tentang pelanggan ideal Anda, bagaimana Anda berencana untuk memposisikan penawaran Anda, dan strategi penjualan Anda.
  • Rencana keuangan — Buat garis besar detail keuangan bisnis Anda. Sertakan biaya awal Anda, produksi keuangan awal Anda, dan bagaimana Anda mengantisipasi menghasilkan dana.
  • Lampiran — Setelah bagian di atas selesai, akhiri dokumen dengan lampiran yang merangkum rencana bisnis Anda.
  • Anda punya banyak hal di piring Anda saat pertama kali memulai. Tetapi satu langkah yang sangat penting (dan sering dilupakan oleh pengusaha pemula) adalah memutuskan perangkat lunak yang dapat membantu Anda menjadi lebih efisien seiring pertumbuhan bisnis Anda.


Setiap bisnis berbeda — tetapi hampir semua perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak untuk membantu analitik, manajemen proyek, akuntansi, pembukuan, pemasaran email, dan tugas dasar sehari-hari lainnya.


Salah satu perangkat lunak terpenting yang harus digunakan setiap bisnis kecil adalah platform CRM all-in-one gratis untuk melacak informasi pelanggan penting dalam satu database pusat. Ini akan membantu menyelaraskan tim Anda dan memastikan Anda tetap teratur seiring pertumbuhan bisnis Anda.


5. Putuskan apakah Anda akan menjadi LLC atau kepemilikan tunggal.

Dua struktur hukum umum untuk usaha kecil adalah perseroan terbatas (LLC) dan kepemilikan tunggal.


LLC adalah struktur bisnis yang lebih kompleks daripada kepemilikan tunggal dan dapat mencakup individu, perusahaan, dan LLC lainnya sebagai anggota. Selain itu, LLC tidak tunduk pada tingkat pajak yang terpisah dan menawarkan perlindungan kewajiban pemilik bisnis dan keuntungan pajak. LLC dibentuk berdasarkan negara bagian.


Kepemilikan tunggal adalah bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh satu orang dan tidak diidentifikasi sebagai entitas yang terpisah dari pemiliknya oleh pemerintah. Sementara kepemilikan tunggal adalah struktur bisnis yang paling sederhana, pemilik tunggal secara pribadi bertanggung jawab atas bisnis mereka.


Selain LLC atau kepemilikan tunggal, ada beberapa opsi lain untuk Anda pertimbangkan.


Sean Flannigan, Manajer Konten Sendle , mengatakan, "Meskipun banyak bisnis kecil mungkin paling baik dilayani dengan memilih LLC atau kepemilikan tunggal, ada beberapa opsi lain."


"Kemitraan sangat bagus untuk bisnis yang dioperasikan oleh beberapa individu. Kemitraan ini paling mirip dengan kepemilikan tunggal di mana individu-individu tersebut mengambil tanggung jawab bisnis dan membayar pajak pada tingkat pribadi."


Dia menambahkan, "Untuk sepenuhnya menghindari tanggung jawab pribadi, usaha kecil mungkin memilih untuk bergabung sebagai korporasi, korporasi S, atau korporasi B Corp. S menghindari pajak perusahaan sedangkan Korps B harus memenuhi ambang batas untuk kepentingan dan akuntabilitas publik."


Selain itu, Flannigan mengatakan, "Ada banyak alasan bagus untuk menjadi B Corp selain melakukan bisnis yang baik. Semua yang dikatakan, banyak bisnis kecil yang tidak ditujukan untuk pertumbuhan super cepat memilih untuk pergi dengan LLC untuk menjaga semuanya tetap sederhana. sambil melindungi pemilik dari terlalu banyak tanggung jawab."


Pelajari lebih lanjut tentang memilih struktur yang tepat untuk bisnis Anda dari Small Business Administration.


6. Buat rekening bank bisnis.

Setelah Anda memiliki bisnis yang dibentuk secara legal dan telah mendapatkan Nomor Identifikasi Pemberi Kerja (EIN), bukalah rekening bank khusus untuk bisnis Anda. Memiliki rekening bank bisnis sangat penting untuk menjaga keuangan pribadi dan bisnis Anda terpisah yang dapat membantu Anda mendapatkan gambaran yang akurat tentang arus kas bisnis Anda dan kesehatan keuangan.


Selain itu, memisahkan keuangan pribadi dan bisnis Anda membuat pembukuan dan persiapan pajak menjadi lebih mudah.


Banyak bank menawarkan rekening giro dan tabungan bisnis. Rekening giro bisnis biasanya tidak memiliki batasan jumlah transaksi yang dapat dilakukan, dan mengeluarkan kartu debit yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian bisnis. Namun, rekening giro ini tidak menghasilkan bunga.


Rekening tabungan bisnis biasanya mendapatkan bunga dari waktu ke waktu tetapi memiliki jumlah transaksi terbatas yang dapat terjadi setiap bulan. Ketika Anda baru memulai, carilah rekening bank bisnis yang tidak memiliki persyaratan saldo minimum sehingga Anda tidak dikenakan sanksi karena memiliki dana yang rendah saat Anda bekerja untuk membangun bisnis Anda.


7. Tentukan apakah ide bisnis Anda berjalan dengan baik dari rumah.


Tanyakan pada diri sendiri apakah ide bisnis Anda akan berjalan dengan baik dari rumah. Beberapa bisnis tidak cocok untuk berbasis dari rumah. Jika Anda ingin menjalankan pusat penitipan anjing tetapi tinggal di apartemen tanpa halaman belakang, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bisnis jalan-jalan anjing.


8. Mendirikan kantor.

Jika ide bisnis Anda sangat cocok untuk dijalankan dari rumah, tetap penting bagi Anda untuk memiliki ruang kerja yang ditentukan. Meskipun kantor di rumah mungkin tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk menyisihkan sudut di ruang tamu Anda atau meletakkan meja di kamar tidur Anda untuk ruang yang menginspirasi Anda dan menciptakan kondisi untuk sukses.


Butuh ruang yang lebih profesional? Jika Anda melakukan pekerjaan yang menghadap klien yang mengharuskan Anda melakukan panggilan video, tidak ada yang ingin melihat seprai kusut Anda di latar belakang. Lihat ruang kerja bersama lokal untuk keanggotaan yang memberi Anda akses ke ruang konferensi, ruang meja, dan banyak lagi.


9. Mulai bekerja!

Anda telah bekerja keras dan saya mendapat kabar baik — itu hanya akan semakin sulit. Tetapi sebagian besar pengusaha akan setuju bahwa hasil menjadi bos Anda sendiri, membuat jam kerja Anda sendiri, dan mengerjakan proyek yang Anda sukai akan membayar dividen selama sisa hidup Anda.


Brainstorm Usaha Kecil Anda Berikutnya

Memilih ide bisnis kecil untuk dikerjakan adalah keputusan pribadi. Uang memang penting, tetapi Anda membutuhkan lebih banyak motivasi daripada itu untuk terus maju. Pantulkan ide dari teman dan keluarga Anda hingga Anda mencapai ide sempurna yang sesuai dengan jadwal Anda, memenuhi hasrat hidup Anda, dan masuk akal secara finansial. Jangan takut untuk meminta bantuan selama proses ini — dan ingatlah untuk bersenang-senang sedikit saat Anda mulai bekerja.


Itu tadi  Ide Usaha Kecil di Desa, Pasti Menghasilkan Wajib Lakukan. Sekarang tinggal di desa sangat menguntungkan dengan keberadaan internet. Selamat mencoba!
Kelas Digital Marketing >