Pesona Desa Wisata Potrobayan, Wisata Alam Yang Memukau Mata -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

Pesona Desa Wisata Potrobayan, Wisata Alam Yang Memukau Mata

Salam Pesona Indonesi Sobat Desa Wisata, banyak tempat wisata Jogja yang dapat dikunjungi, salah satunya kawasan desa wisata. Banyak tersebat destinasi desa wisata di Jogja. Hampir di setiap kabupaten yang ada di Jogja terdapat desa wisata. Kali ini Dewi Tinalah akan menyampaikan info tentang Desa Wisata Potrobayan. Baca lengkap mengenai info Desa Wisata Potrobayan di ulasan artikel ini yang Sahabat Desa Wisata.


Pesona Desa Wisata Potrobayan, Wisata Alam Yang Memukau Mata
Pemandangan Alam Desa Wisata Potrobayan - Sumber Foto republika.co.id


Sahabat Desa Wisata akan disajikan pemandangan jernihnya air sungai berhiaskan batu-batuan dengan background bukit menghijau. Pengunjung benar-benar tidak diambil dana sepeserpun saat lama-lama nikmati alam ciptaan Tuhan yang menarik.


Lokasi Desa Wisata Potrobayan

Lokasi Desa Wisata ini berada di Potrobayan Srihardono, Pundong, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Sangat terjangkau dengan kawasan wisata di Bantul dan wisata Jogja. Sobat Desa Wisata dapat dengan mudah berkunjung di desa wisata Potrobayan menggunakan kendaraan pribadi atau juga menggunakan jasa tour travel Jogja.


Awalnya Mula Desa Wisata Potrobayan

Pemuda desa di tempat, Rohmat ataupun lebih dekat dipanggil Tomeet menjelaskan, awalannya pinggiran Sungai Opak itu cuman dikunjungi beberapa rekan memancing dan kemah yang dari masyarakat sekitaran. Mulai Idul Adha, ada yang upoad di IG dan youtube hingga semakin beberapa pengunjung yang tiba.


Baca Juga: Desa Wisata Sawarna di Banten


Bersama rekanan pemuda yang punyai kepedulian menjaga lingkungan pinggir Sungai Opak itu, Tomeet layani beberapa pengunjung secara ramah.


Tidak lupa ia mengingati supaya pengunjung yang sekedar hanya bermain atau kemping untuk ikut menjaga sekitar lingkungan dengan tidak buang sampah asal-asalan dan patuhi anjuran dan ketentuan yang ada.


Untuk saat ini pengunjung yang tiba sekadar berpose riang atau selfi, memancing, bercengkerama sekalian naik sepeda tak perlu mengambil kantong. Khusus untuk kemping bayar sesukarelanya saja untuk sekedar ongkos perawatan. Supaya tempat masih tetap pada kondisi bersih disiapkan juga tempat sampah.


Waktu Lawatan di Desa Wisata Potrobayan

Khususnya pada hari Sabtu, Minggu beberapa pengunjung tiba dan kerasan lama-lama sekalian mendokumentasikan rentang alam yang cantik.


Pengunjung bisa juga melihat beberapa pencarian pasir di tengah-tengah sungai yang bekerja dengan perlengkapan simpel memakai perahu bambu untuk mengusung pasir yang ditambang ke pinggir sungai.


Sebetulnya Potrobayan telah lama didatangi orang, karena tempat itu dibangun Circuit offroad yang disahkan semenjak Maret 2017, terutamanya untuk keperluan lomba. Tempat yang ada di tepi saluran Sungai Opak luasnya capai 8 Ha. Circuit ini dapat dipakai untuk dua tipe balapan, yakni balap mpotor trail dan mobil offroad.


Monumen Gempa di Bantul

Tiada kelirunya berkunjung ke Monumen Gempa Jogja 2006 di Padukuhan Potrobayan, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong. Bertempat lebih kurang 20 km (km) dari pusat Kota Yogyakarta, monumen ini dapat bikin pengunjung mengenal pusat gempa yang sebabkan beberapa ribu orang wafat. Kalau pergi dari Kota Yogyakarta, pengunjung dapat lewat Jalan Parangtritis. Sesampai di perempatan Bakulan, belok arah ke kiri atau mengarah timur telusuri jalan Bakulan-Imogiri.


Pengunjung bisa memandang sebuah prasasti yang menjadi pertanda di mana pusat gempa terjadi. Tempat pembangunannya punya jarak lebih kurang 400 mtr. dari pusat gempa sebagai tempuran Sungai Opak serta Oya.


Akan halnya, prasasti dibikin dari batu andesit dengan tinggi 1,5 mtr.. Di sisi kiri, kanan, serta depan, ada batu yang berisi prasasti yang diberi tanda tangan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rektor UPN Veteran, serta Bupati Bantul fase 2015-2020 Suharsono.


Wilayah ini terbuka buat umum serta pengunjung tidak digunakan ongkos. Tempatnya cukup sejuk lantaran ada benar dipinggir sungai, serta masih ditemui pohon lebat disekelilingnya.


Itu tadi info lengkap mengenai Desa Wisata Potrobayan yang ada di kawasan wisata Bantul. Sobat Desa Wisata bisa mengunjungi lokasi ini untuk salah satu tempat wisata Jogja.  Salam Pesona Indonesia, salam Desa Wisata.

Kelas Digital Marketing Kelas Digital Marketing