Desa Wisata Cibuntu, Wisata Keren di Jawa Barat -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

Desa Wisata Cibuntu, Wisata Keren di Jawa Barat

Hai sobat desa wisata, saat pemikiran capek dan perlu wisata yang beri kesegaran, bertandang ke desa sekalian melihati bentangan persawahan dan rasakan keramah-tamahan masyarakat lokal tentu jadi opsi yang menarik. Betul tidak, Sahabat Daya tarik? Untungnya, #DiIndonesiaAja ada beberapa desa wisata yang tawarkan pengalaman hebat semacam itu, lho. Satu diantaranya seperti yang hendak dibahas ini kali nih, yakni Desa Wisata Cibuntu.


Desa Wisata Cibuntu
Desa Wisata Cibuntu

Info Desa Wisata Cibuntu

Nach, buat Sahabat Daya tarik yang belum mengetahui, Desa Wisata Cibuntu ini ada di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Desa Wisata Cibuntu dapat diraih dengan tempuh perjalanan sekitaran 40 menit berkendaraan dari Kota Cirebon. 


Tidak cuman populer karena keasrian alamnya, desa wisata ini dikenal juga sebagai salah satunya desa wisata yang kerap mencatatkan prestasi, salah satunya adalah tempati posisi ke-5 Desa Wisata terbaik tingkat ASEAN untuk sektor homestay di tahun 2016 dan jadi juara ke-2  Desa Wisata Terbaik dalam penghargaan berprestise Community Based Tourism (CBT) di tahun 2017 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovatif Indonesia.


Prestasi membesarkan hati yang sukses dicapai Desa Wisata Cibuntu ini bukanlah tanpa perjuangan, tetapi karena semua usaha dari warga lokal dan pemda yang menggenggam tegar loyalitas Sapta Daya tarik. Sapta Daya tarik ialah sebuah ide dari warga di tempat untuk memberi perasaan nyaman ke pengunjung, lewat tujuh elemen yaitu aman, teratur, bersih, sejuk, cantik, ramah, dan masa lalu.


Cari info yok, Sahabat Daya tarik lewat serangkaian jelajahi desa wisata #DiIndonesiaAja, di Desa Cibuntu ini kali!


Untuk masuk ke desa ini, wisatawan ticket dikenai ongkos Rp5,000 per-orang dan harga parkir Rp12,000 untuk kendaraan bermotor dan Rp15,000 untuk kendaraan mobil. Harga yang lumayan murah jika dibanding dengan yang akan Sahabat Daya tarik peroleh di desa ini. Pertama kalinya tiba ke Desa Wisata Cibuntu, Sahabat Daya tarik akan disongsong dengan latar asri berbentuk pemandangan Gunung Ciremai. Sesudah melihati keelokan lanscape Gunung Ciremai, waktunya mengisap angin segar di kaki gunung sekalian jogging atau naik sepeda.


Udara bersih yang dari persawahan dan bukit dan pohon-pohonan hijau disekitaran Gunung Ciremai ini ditanggung jadi obat baik hilangkan jemu akan padatnya perkotaan. View di sini bagus buat menambahkan koleksi photo Instagram-mu, lho!


Disaksikan dari lokasinya yang ada di kaki Gunung Ciremai, Sahabat Daya tarik tentu sudah dapat memikirkan begitu segarnya air terjun yang ini, donk? Ya, Air Terjun Gongseng ini masuk ke salah satunya daftar perjalanan populer di Desa Wisata Cibuntu. Selainnya cantik, pas di bawah air terjun dengan tinggi capai 20-25 mtr. ini, ada kolam yang dapat dipakai oleh pengunjung untuk berenang atau sekedar main air.


Didampingi dengan panorama masih asri dan dikitari tebing yang membubung tinggi, Air Terjun Gongseng menjadi salah satunya spot harus saat ke Desa Wisata Cibuntu. Untuk sampai kesini, Sahabat Daya tarik perlu lewat lajur trackking sepanjang 5 menit dari tempat parkir.


Hal hebat yang lain bisa juga Sahabat Daya tarik dapatkan di Desa Wisata Cibuntu ini adalah saksikan secara langsung situs cagar budaya dari jaman purbakala. Ada Situs Bujal Dayeuh yang sebuah warisan purbakala berbentuk Peti Pendam Batu yang diketemukan di tahun 1967 dan berisi kapak pegang. Selanjutnya ada juga benda lain seperti kelenting dan kapak pegang dari Situs Saurip Kidul warna ati ayam yang diketemukan di tahun 1972. Menelusuri tujuan ini akan membuat kamu terasanya tembus ke mesin waktu dech, Sahabat Daya tarik!


Masih di teritori Desa Wisata Cibuntu, ada object wisata hebat yang lain yang harus Sahabat Daya tarik datangi, yakni Daerah Domba. Diberi nama Daerah Domba, karena di tempat ini ada peternakan domba. Ada lebih dari 60 kandang domba dan kambing di sini.


Di tujuan yang cocok buat wisata pembelajaran bersama anak-anak ini, Sahabat Daya tarik dapat berhubungan dan memberikan makan domba dan kambingnya.


Tidak sekedar desa asri yang pas buat beri kesegaran pemikiran, Desa Wisata Cibuntu punyai Wisata Offroad Cibuntu (WOC) buat Sahabat Daya tarik yang menyukai rintangan! Ada dua paket offroad yang dapat diputuskan seperti keinginan, yakni offroad memiliki jarak menempuh 4 km yang dibandrol dengan harga Rp250,000 per mobil jeep dan offroad dalam jarak menempuh 6 km yang dipandang Rp350,000 per mobil jeep. Perjalanan offroad akan ambil track perkebunan karet Cibuntu yang luasnya lebih kurang 4 hektar.


Selainnya offroad, ada juga aktivitas berkeliling-keliling perkebunan karet dengan motor ATV yang dapat dicicipi dengan bayar sewa Rp30,000 untuk penggunaan 20 menit. Bila Sahabat Daya tarik tiba pada musim durian, persisnya sekitaran bulan Desember-Januari, Wisata Offroad Cibuntu umumnya sediakan wisata durian, lho.


Bertandang ke satu tempat tidak komplet rasanya tanpa cari oleh-olehan ciri khas yang memikat dibawa pulang, sepakat kan Sahabat Daya tarik? Cocok sekali nih, karena di Desa Wisata Cibuntu ada Pusat Ekraf Cibuntu yang jual banyak produk ekonomi inovatif yang unik sekali, dimulai dari suling, angklung, bermacam produk gerabah seperti gentong, teko, dan perlengkapan masak yang lain, dan macam miniatur kendaraan, seperti truk, pesawat, dan mobil dengan bahan kayu.


Menariknya, di sini Sahabat Daya tarik tidak hanya dapat beli produknya, tetapi bisa juga berpeluang menyaksikan langkah pembikinannya . Maka dapat menambahkan pengalaman dan wacana baru, nih!


Sahabat Daya tarik tidak bisa menampik panorama langit malam bertabur bintang yang dapat dicicipi di Pagergunung Campsite, dech! Di sini ada bumi perkemahan (campsite) yang pas jadi rekomendasi kegiatan hebat saat berlibur dengan keluarga atau rekan-rekan. Opsi paket kemping dibandrol dimulai dari Rp300,000 per-orang untuk durasi waktu bermalam dua hari 1 malam dan telah terhitung sarana makan 3x.


Selainnya dapat melihati cantiknya langit berbintang, Sahabat Daya tarik bisa juga nikmati sarana kolam renang, panahan, sampai taman buat rekreasi instagenic yang super menarik. Sekalian santai, Sahabat Daya tarik harus sekali mencicip satu cangkir kopi Cibunar Linggajati yang disebut kopi ciri khas Gunung Ciremai yang ditanamkan pada ketinggian 800-1,200 mdpl.


Nach, bila Sahabat Daya tarik ingin rasakan situasi bermalam dan membaur bersama masyarakat di tempat, Desa Wisata Cibuntu sediakan homestay yang telah diperlengkapi prosedur kesehatan berstandar CHSE, lho! Ada sekitaran 60 homestay yang dapat diminta oleh wisatawan lewat Tourist Information Center Desa Wisata Cibuntu. Range harga per kamarnya cukup dapat dijangkau, yakni Rp200,000 per malam.


Seterusnya, ada opsi menarik lain khusus untuk Sahabat Daya tarik yang ingin berkeliling-keliling semakin lama kembali disekitaran Desa Wisata Cibuntu. Karena di sini masih tetap ada beberapa tujuan menarik yang lain harus masuk daftar perjalanan, lho. Baca keterangan selengkapnya berikut!


Telaga Biru Cicerem


Pertama, Sahabat Daya tarik dapat singgah ke sebuah tujuan hits namanya Telaga Biru Cicerem atau yang dikenal juga sebagai Situ Cicerem. Pemandangan cantik di danau air tawar yang sebening kaca ini benar-benar terkenal di media sosial, lho. Karena sangat jernihnya, kontur batu-batuan pada bagian dasar danau, tumbuhan air, dan beragam ikan beragam warna didalamnya bahkan juga dapat kelihatan dengan mata telanjang. Sahabat Daya tarik bisa juga ambil photo di spot ayunan instagrammable dengan latar danau dan pohon-pohonan teduh yang super asri.


Kebun Raya Kuningan


Ada pas di kaki Gunung Ciremai, Kebun Raya Kuningan yang beralamat di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini dapat dilakukan sepanjang lebih kurang satu 1/2 jam dari pusat Kota Kuningan. Sahabat Daya tarik tahu tidak, Kebun Raya Kuningan sebagai salah satunya kebun raya paling besar di Indonesia dengan luas 172 hektar, lho!


Ada beberapa zone tematik yang instagenic di Kebun Raya Kuningan ini, salah satunya ialah Rumah Anggrek, Taman Tipikal Gunung Ciremai, Rock Garden, Taman Awi "Sieugeug", dan Taman Kuning, yakni sebuah taman yang berisi bermacam bunga dan buah warna kuning. Cocok sekali lho untuk jadi tujuan wisata bersama keluarga seterusnya!


Waduk Darma


Tujuan paling akhir yang pantang untuk dilewati adalah Waduk Darma. Waduk yang mempunyai arus air tenang dan pas buat refreshing ini tawarkan lanscape alam yang keren setelah. Beberapa aktivitas yang dapat dilaksanakan di sini diantaranya, berkeliling-keliling waduk dengan perahu wisata, santai di gazebo, nikmati panorama matahari terbenam, atau memancing ikan. Buat Sahabat Daya tarik yang menyukai memburu photo kece, Waduk Darma mempunyai spot photo instagrammable yang super keren. lho.


Itu lah jejeran kegiatan hebat di Desa Wisata Cibuntu dan sekelilingnya yang dapat sekalian Sahabat Daya tarik telusuri saat singgah ke Kota Kuningan, Jawa Barat. Tetapi ingat, kapan saja dan di mana saja Sahabat Daya tarik ada, selalu patuhi prosedur kesehatan dengan menggunakan masker, rajin bersihkan tangan secara periodik, dan jaga jarak ya, Sahabat Daya tarik!


Nach, ingin tahu tidak dengan serangkaian desa wisata #DiIndonesiaAja yang lain yang hendak kita datangi? Yakinkan Sahabat Daya tarik turuti terus serunya SPADA (Khusus dari Desa Wisata) seterusnya, ya!


Kelas Digital Marketing >