6 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Memukau -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

6 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Memukau

Desa Wisata di Kulon Progo Wajib di Kunjungi Wisatawan

Ketika Anda berwisata di Jogja akan mendapati berbagai macam tempat wisata bertemakan kota ataupun desa. Berikut ini wisata desa dengan konsep desa wisata yang memiliki pesona alam yang memukau.


1. Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah)


Desa Wisata Tinalah merupakan pintu masuk wisata di Samigaluh, Kulon Progo. Dewi Tinalah mengusung konsep alam dan budaya. Panorama alam di desa ini begitu mempesona. Anda dapat melihat deretan Pegunungan Menoreh dan melihat aliran Sungai Tinalah yang berkelok-kelok dari Puncak Kleco dan Area Goa Sriti. 

Paket wisata di Desa Wisata Tinalah berupa kegiatan berinteraksi dengan alam sekitar dan masyarakat setempat. Anda dapat menikmati paket menarik yang disediakan di sini, seperti: Menginap di Joglo Wiguna dan Omahku, menginap bersama alam, menginap di rumah Joglo, out bound, camping, Tinalah Tubing, makrab, family dan community gathering, Tinalah Trekking, Susur Sungai Tinalah, Joglo Meeting Room, Live in, Kleco Top View.

Lokasi: Jl. Persandian Km. 5, Desa Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Informasi via SMS/WA/TELP. +6285200552054 BBM: 59D4CD01 (Mas Bams)

2. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nlinggo merupakan desa wisata yang mengusung konsep perkebunan teh. Wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset di perkebunan teh. Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo dapat belajar pertanian, peternakan kambing, dan seni seperti belajar menari lengger, jathilan, membuat topeng, hingga membatik bisa wisatawan lakukan di sini.

Lokasi: Desa Wisata Nglinggo terletak di Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Desa wisata ini masih satu kawasan dengan obyek wisata Puncak Suroloyo.

3. Desa Wisata Banjaroyo

Desa Wisata Banjaroya (Dewa Bara) merupakan desa wisata di lereng perbukitan Menoreh. Wisatawan dapat menikmati kegiatan bersepeda keliling pedesaan menuju Embung Tonegoro, Bendung Ancol, makam Nyi Ageng Serang, trekking ke Menoreh, live-in di pedusunan, belajar seni tradisi, pertanian dan peternakan dan membuat makanan tradisional. Pada bulan tertentu di saat musim durian, di desa ini diadakan Festival Durian, bertempat di Rest Durian Menoreh Kuning merupakan durian ungguan desa ini.

Lokasi: Jl. Sentolo Muntilan Km 26 Slanden, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo.

4. Desa Wisata Banjarasri

Desa Wisata Banjarsari (Dewi Asri) perupakan desa wisata yang berada di kawasan pegunungan menoreh ujung barat. Wisatawan dapat bersahabat dengan Alam, belajar menjadi petani, bermain di desa, aneka permainan banyu, teknologi tepat guna, memancing, wisata sejarah. Kerajinan ATBM meruakan salah satu produk yang terkenal dari desa ini.

5. Desa Wisata Jatimulyo

Desa Wisata Jatimulyo merupakan kawasan alam dengan beteng alam karst Menoreh dengan tebing-tebing indah di Gunung Kelir. Di desa ini terdapat potensi sosial budaya yang masih kuat. Setiap bulan Sapar diadakan Merti Dusun Jatimulyo suatu upacara adat yang sarat dengan kearifan lokal. Potensi wisata yang di miliki antara lain Goa Kiskendo terdapat arena camping ground/berkemah yang luas, dengan pemandangan indah bukit pinus. Wisatawan juga dapat melihat laut selatan dari atas Gunung Lanang yang terletak bersebelahan dengan goa ini. Disamping itu terdapat beberapa wisata air terjun yaitu Grojogan Sewu, Kembang Soka, Kedhung Pedhut dan Taman Sungai Mudal. Desa Wisa Jatimulyo menyediakan paket Susur Goa, Sumitro cave tubing, paket jelajah alam (trekking, birdwatching, geotours), Paket Camping & Safari Malam, Paket Agrowisata salak.
6. Desa Wisata Sermo

Desa Wisata Sermo merupakan desa wisata yang memiliki waduk terbesar di Kulon Progo. Wisatawan dapat melakukan banyak kegiatan wisata seperti seperti berkeliling waduk dengan perahu, bersepeda di pedesaan, memancing, berkemah, tracking atau kegiatan outbound di sekitar Waduk Sermo, termasuk belanja produk lokal: kripik ikan, gula kelapa dan gula semut. Wisatawan juga bisa menikmati wisata minat khusus dan wisata seni budaya.

Kelas Digital Marketing Kelas Digital Marketing