Pesona Alam dan Budaya

15 March 2018

5 PUNCAK PEGUNUNGAN DI YOGYAKARTA YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI

Yogyakarta menyimpan banyak keindahan yang wajib kamu kunjungi. Terdapat 5 puncak pegunungan di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Dari bagian utara, selatan, barat, dan timur, semua wilayah mempunyai keindahan-keindahan wisata tersendiri. Gunung, pantai, pedesaan, dan perkotaan, semua lengkap ada di Yogyakarta yang memang selalu istimewa di hati para wisatawan. Berikut ini TOP VIEW (Puncak Pegunungan) yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata di Yogyakarta.

1. PUNCAK KLECO (SAMIGALUH KULON PROGO)


wisata alam yogyakarta

Tentu tidak asing lagi nama Puncak Klecok di kalangan wisatawan. Meskipun termasuk tempat wisata baru, tapi sudah banyak wisatawan yang berkunjung di sini. Lokasi Puncak Kleco berada di kawasan Desa Wisata Tinalah. Tepatnya di dusun Duwet, desa Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Waktu tempuh dari pusat kota Jogja kurang lebih 1 jam. Dapat diakses menggunakan sepeda motor maupun mobil. Tiket masuk hanya Rp5.000. Jasa Ojek Rp10.000 (info harga tahun 2018). Tentu sangat terjangkau.

Spot utama di wisata Puncak Kleco adalah gardu pandang dengan latar belakang panorama alam yang menawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan pegunungan menorah, Gunung Merapi dan Merbabu, aliran Sungai Tinalah, dan hamparan sawah yang elok. Wisatawan dapat menikmati matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset) di lokasi ini, sangat cocok untuk pecinta fotography. Di tempat ini tersedia ayunan-ayunan dan gazebo untuk bersantai.  Kamu juga dapat berswafoto dengan pernak-pernik yang ada, seperti speda tua, miniature kapal, bunga-bunga, dll. Terdapat juga warung-warung kecil yang menyajikan makanan dan minuman khas daerah setempat.

Jika kamu suka dengan kegiatan camping, di lokasi ini kamu dapat mendirikan tenda. Di malam hari kamu bisa melihat keindahan kota Yogyakarta dengan cahaya lampu yang gemerlap. Kamu juga bisa melakukan fungame di pagi harinya. Ada juga river tubing (Tinalah River Tubing), jika kamu suka dengan aktivitas di air. Pokoknya lengkap deh, di Puncak Kleco ini.


2. PUNCAK WIDOSARI (KULON PROGO)


wisata alam yogyakarta

Setelah berkuncung di Puncak Kleco di Desa Wisata Tinalah, kamu selanjutnya dapat menikmati keindahan alam di Kulon Progo yang berada di Puncak Widosari, Samigaluh. Lokasi tidak jauh dari Puncak Kleco, hanya butuh waktu 30 menit kamu akan sampai di Puncak Widosari. Kini Puncak Widosari mempunyai tampilan baru setelah dilakukan pembangunan di area tersebut. Kamu juga wajib ke tempat ini untuk berswafoto. Cocok untuk menikmati matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Alamat di Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Info tempat makrab favorit di jogja

3. PUNCAK SUROLOYO (KULON PROGO)


wisata alam yogyakarta

Lokasi Puncak Suroloyo juga tidak jauh dari Puncak Kleco di Desa Wisata Tinalah. Ada dua jalur yang bisa kamu lalui. Pertama melewati kawasan pegunungan di Samigaluh. Kedua melewati kawasan pegunungan di Kalibawang. Dari Puncak Suroloyo, kamu bisa menikmati keindahan alam di kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo. Kamu juga akan disuguhi gunung-gunung nan indah, seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan gunung-gunung lainnya. Hal menari lainnya, kamu bisa menikmati Kopi Suroloyo langsung dari kedainya. Di Puncak Suroloyo, kamu juga bisa menikmati menikmati matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset). Jika kamu suka bermalam di tempat wisata, Puncak Suroloyo juga menyediakan tempat penginapan. Pokoknya jangan sampai terlewatkan jika kamu berwisata di Yogyakarta. Alamat: Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. PUNCAK NGLANGGERAN (GUNUNG KIDUL)


wisata alam yogyakarta

Selain di Puncak Kleco, jika kamu sedang berwisata di Yogyakarta, jangan lewatkan juga puncak yang satu ini, Puncak Nglanggeran. Lokasinya di Gunung Kidul. Jarak dari Puncak Kleco (Desa Wisata Tinalah) kurang lebih 40 km. Berdasarkan sejarah geografinya, Puncak Nglanggeran ini dulunya berupa gunung api purba. Alamat: Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta.

5. PUNCAK BECICI (BANTUL)


wisata alam yogyakarta

Selain di Puncak Kleco dan beberapa puncak lainnya tadi, ada lagi Puncak Becici yang terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Puncak ini cukup mudah didaki, tidak terjal dan curam. Kamu akan menerobos hutan pinus yang sejuk dan setelah sampai di puncak siap-siap untuk tertakjub. Kamu juga dapat menikmati moment matahari terbit di tempat ini.

Nah, itu tadi 5 puncak pegunungan di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Tentu keseruanmu akan terasa lebih jika kamu mengajak teman, sahabat, ataupun keluargamu.