Warga Tinalah Gelar Merti Dusun -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

Warga Tinalah Gelar Merti Dusun


KULONPROGO – Ratusan warga desa purwoharjo kecamatan samigaluh Kabupaten Kulon progo Yogyakarta menggelar tradisi merti  bumi tinalah di lapangan desa.  Belasan tumpeng menjadi rebutan warga untuk ngalap berkah.

Sejak pagi hari,  ratusan warga mempersiapkan berbagai macam sesaji berupa nasi tumpeng, ayam ingkung, sayur,  lauk serta jajanan pasar di ikuti dari 14 pedukuhan. Kirab  di titik selatan mulai dari Dusun Plipiran dan wilayah utara dari Pedukuhan Keji, kirab menempuh jarak 1,5 kilometer.

Tabur bunga di sungai ini bertujuan agar air yang mengalir di sungai tinalah bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Selesai menaburkan bunga ke sungai,  rombongan kembali ke lapangan dan berdoa bersama. Usai berdoa kemudian dilanjutkan dengan kembul bujono atau makan bersama yang diikuti seluruh warga serta gunungan hasil bumi langsung diserbu oleh warga.

Baca Juga: Desa Wisata Tinalah Gelar Merti Bumi Tinalah


‘Warga mengaku ikut rebutan gunungan biar semuanya selamat, biar dapat berkah”, tukas Jumilah.

Jumilah menambahkan, rencana sayuran untuk di masak untuk keluarga.

“Sudah tiga kali ini ikut rebutan gunungan”, tambahnya.

Ketua Panitia Merti Dusun TInalah Maruki mengatakan, tradisi merti  bumi tinalah sebagai upaya melestarikan budaya serta merupakan ungkapan rasa syukur kepada tuhan yang telah memberikan rezeki yang melimpah kepada masyarakat dengan keberadaan sungai Tinalah. (ist)

Kegiatan ini sebenarnya sempat vakum beberapa waktu, namun setelah muncul wacana pembangunan waduk tinalah hingga rencana tersebut gagal dilaksanakan.  (ist)

Kelas Digital Marketing Kelas Digital Marketing