Pesona Desa Wisata Nglanggeran Jogja Berkelas Dunia yang Wajib Dikunjungi -->
Paket Wisata Jogja Dewi Tinalah

Pesona Desa Wisata Nglanggeran Jogja Berkelas Dunia yang Wajib Dikunjungi

Hai Sobat Desa Wisata, siapa yang tak tau akan kemasyhuran Desa Wisata Nglanggeran. Ya, desa wisata yang berada di Yogyakarta ini punya situs Gunung Api Purba yang terkenal. Desa Wisata Nglanggeran ini juga sudah meraih berbagai penghargaan di tingkat nasional, ASEAN sampai dunia. Yuk cari tau info lengkap mengenai Desa Wisata Nglanggeran.

 

Pesona Desa Wisata Nglanggeran Jogja Berkelas Dunia yang Wajib Dikunjungi - Topi Daun Kelapa Dewi Tinalah
Pengelola Dewi Tinalah Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Memakai Topi Daun Kelapa Khas Desa Wisata Tinalah


Jika sobat wisata baru di kawasan tempat wisata Jogja, Desa Wisata Nglanggeran menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mengusung konsep desa wisata berbasis masyarakat, wisatawan bisa banyak pilihan di tempat ini untuk berkegiatan. Bisa sekedar rekreasi, sampai menginap di homestay yang ada di Desa Wisata Nglanggeran.

Desa wisata yang sudah banyak capaiannya ini menjadi salah satu percontohan keberhasilan desa wisata yang ada di Indonesia. Dengan adanya capaian ini tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan segala potensi alam dan budaya yang ada sekaligus menjaga kelestariannya.

Baca Juga: Info Lengkap Desa Wisata Penglipuran Bali

Kualitas wisata yang ditawarkan di sini telah tidak perlu disangsikan kembali nih Sahabat Desa Wisata, karena Desa Wisata Nglanggeran sudah kantongi penghargaan ASEAN Community Based Tourism (CBT) Award 2017, penghargaan ASEAN Sustainable Tourism Award 2018 dan Sertifikasi Desa Wisata Terus-menerus oleh Kemenparekraf pada awal Maret 2021.

Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nation World Tourism Organization (UNWTO) memberi penghargaan ke Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia 2021. Desa Wisata Nglanggeran mendapatkan penghargaan itu bersama dengan 44 desa wisata lain yang dari 32 negara di dunia. Desa-desa wisata itu mendapatkan penghargaan atas dasar pengembangan dan komitmennya pada arah pembangunan terus-menerus (SDGs).

Lokasi Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran ini berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, D I Yogyakarta. Lokasi desa wisata ini banyak terdapat destinasi seperti Puncak Gunung Api Purba, Embung Nglanggeran, Kampung Pitu, dan Air Terjun Kedung Kandang.

Nglanggeran sebagai desa yang administratif berada di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Teritori Ekowisata Gunung Api Purba mempunyai luas 48 ha. Dan daerah Desa Nglanggeran mempunyai luas 762,0990 ha dengan tata buat tempat mayoritas dipakai untuk tempat pertanian, perkebunan, kebun dan pelataran. Skema kepemilikan tanah itu dikuasai oleh tanah kas desa.

Baca Juga: Keunikan Desa Wisata Gamplong Jogja

Kawasan pariwisata di Desa Nglanggeran ialah terdapatnya Gunung Nglanggeran serta saat ini lebih diketahui dengan istilah Gunung Api Purba. Secara fisiografi Gunung Api Purba Nglanggeran berada di Area Pegunungan Selatan Jawa Tengah-Jawa Timur (Van Bemmelen 1949) atau pasnya di Sub Area Pegunungan Baturagung (Baturagung Range) dengan ketinggian 700 mtr. dari permukaan laut serta kemiringan lerengnya curam-terjal (>45%). Gunung Nglanggeran berdasar pada histori geologinya adalah gunung api purba yang berusia tersier ( Oligo- Miosen) atau 0,6 - 70 juta tahun lalu.

Gunung Api Purba Daya Tarik Utama Desa Wisata Nglanggeran

Salah satunya unggulan khusus dari Desa Wisata Nglanggeran ialah ada gunung api purba. Gunung ini tercipta sekitaran 60-70 juta tahun lalu dan mempunyai usia tersier. Gunung ini mempunyai bebatuan besar yang membubung tinggi yang umumnya dipakai sebagai lajur pendakian dan tempat bertapa masyarakat. Untuk capai pucuk, beberapa pendaki harus jalan kaki sepanjang lebih kurang dua jam. Di sejauh jalan, pelancong akan disuguhi dengan pemandangan cantik dan lorng-lorong sempit yang tersusun dari batu-batuan.

Gunung itu ada pada ketinggian 700 mdpl. Beberapa pelancong dapat nikmati panorama cantik dari pucuk paling tinggi gunung ini, yaitu Gunung Gedhe. Dalam pada itu, untuk pelancong yang ingin kemping, daerah camping ground bisa diketemukan sepanjang 50 mtr. dari pucuk Gunung Gedhe.

 

Pesona Gunung Api Purba Desa Wisata Nglanggeran
Pesona Gunung Api Purba Desa Wisata Nglanggeran



Sahabat Desa Wisata sukai wisata melawan adrenalin? Coba trackking sekalian nikmati panorama mentari pagi dari ketinggian 700 mdpl di Pucuk Gunung Api Purba Nglanggeran ini, dech. Gunung Purba dengan susunan bebatuan besar itu sebagai icon dari Desa Wisata Nglanggeran yang telah dianggap dunia lho, persisnya oleh UNESCO lewat teritori Geosite Gunung Sewu. Dari pucuk gunung yang namanya lain Gunung Gedhe ini, Desa Wisata dapat menyaksikan Gunungkidul dari ketinggian, seakan ada di negeri di atas awan nih!

Pesona Embung Nglanggeran

Main ke Desa Wisata Nglanggeran tidak afdol jika belum ke Embung Nglanggeran. Waduk mini sebagai mekanisme pengairan perkebunan masyarakat ini ada pada ketinggian 495 mdpl, akhirnya panorama desa dari ketinggian berdasar pohon-pohonan hijau dan Gunung Api Purba juga dapat dicicipi dengan gratis. Jika ingin mendokumentasikan photo instagrammable, seharusnya Sahabat Daya tarik tiba pada sore hari karena kombinasi cantiknya langit senja dan air waduk biru kehijauan Embung Nglanggeran ini tidak akan menyebalkan!

Salah satunya keunikan yang diperlihatkan oleh Desa Wisata Nglanggeran ialah kehadiran Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran sebuah telaga bikinan yang berperan untuk memuat air hujan dan digunakan sebagai pengairan perkebunan petani di saat musim kemarau. Karena mempunyai keelokan alam yang tidak ada duanya. Embung Nglanggeran jadi objek wisata di desa itu. Disini pelancong bisa nikmati panorama matahari keluar atau tenggelam.

Baca Juga: Desa Wisata Pujon Kidul Malang yang Kreatif

Embung Nglanggeran sebagai embung pertama di Wilayah Yogyakarta (DIY) yang dibikin pada 2012 dan disahkan oleh Gubernur DIY pada 2013. Embung selebar 0,34 Ha dan ada pada ketinggian 495 mdpl ini berperan untuk mengaliri kebun buah durian dan kelengkeng sang Nglanggeran. Disamping itu, Embung Nglanggeran tawarkan panorama yang cantik.

Air Terjun Kedung Kandang

Desa Wisata Nglanggeran punyai air terjun instagenic yang memikat lho, namanya Air Terjun Kedung Kandang. Saat sampai di sini, Sahabat Desa Wisata ditanggung akan kagum karena air terjunnya tercipta dari formasi bebatuan vulkanik bertingkat yang ada di tengah terasering sawah. Nach, panorama Air Terjun Kedung Kandang ini akan cantik sekali cocok musim penghujan, karena jika musim kemarau debet airnya sedikit dan condong kelihatan kering.

Maknanya, Air Terjun Kedung Kandang cuma akan dialiri air pada musim tertentu saja. Sejauh ini, Air Terjun Kedung Kandang cuma akan dialiri air saat musim penghujan. Saat musim kemarau, Air Terjun Kedung Kandang tetap dialiri air, namun pada debet yang semakin sedikit.

Kampung Pitu

Di Nglanggeran, ada sebuah kampung yang cukup unik. Kampung itu namanya Kampung Pitu. Ada beberapa larangan untuk masyarakat yang tinggal di Kampung Pitu. Salah satunya larangan itu ialah kampung itu tidak dapat ditempati lebih dari tujuh keluarga.
Jika larangan itu dilanggar karena itu keluarga kedelapan dan sebagainya akan pergi sendirinya, entahlah karena tidak kerasan dan pilih pergi, atau karena wafat. Tetapi bila jumlah keluarganya kurang, kekurangan itu akan berisi sendirinya.

Kebun Durian Desa Wisata Nglanggeran

Satu diantaranya kulineran yang diciptakan di Nglanggeran merupakan durian. Gak jauh dari Embung Nglanggeran, ada kebun durian itu. Dari sana ada 1.200 pohon durian montong dan 1.300 pohon durian bawor. Buah durian yang berada pada Nglanggeran mulai disenangi turis bersamaan dengan kian ternamanya objek wisata Gunung Api Purba. Meski sebenarnya sebelumnya beberapa petani yang mengurus kebun itu tidak menerka kalau kebun mereka akan menjadi bagian dari tempat wisata.

Wisata Budaya di Desa Wisata Nglanggeran

Wisatawan juga dapat membaur bersama masyarakat lokal dengan belajar budaya hebat ciri khas Desa Wisata Nglanggeran ya! Budaya Jawa yang kental di sini terasa sangat lewat ramah-tamah masyarakat, seperti tradisi ungguh-ungguh, seperti tata krama dalam bicara dengan penuh santun sopan ke seseorang atau karawitan dan reog mataram sebagai seni budaya kebanggaan warga Desa Wisata Nglanggeran.

Wisata Edukasi Kamping Etawa

Terdapat peternakan kambing etawa Desa Wisata Nglanggeran ini telah populer sampai ajang internasional lho! Serunya proses pemerahan susu, pemrosesan susu jadi susu bubuk dan susu cair yang siap dimakan jadi serangkaian aktivitas hebat yang memancing ketertarikan pelancong, baik dari lokal dan luar negeri.

Nah itu tadi sobat desa wisata info mengenai Pesona Desa Wisata Nglanggeran Jogja Berkelas Dunia yang Wajib Dikunjungi. Semoga menjadi referensi informasi saat berkunjung ketempat wisata Gunung Kidul ataupun tempat wisata Jogja. Selamat berwisata!!

Kelas Digital Marketing >