Pesona Alam dan Budaya

19 December 2019

Gerakan Tree Planting Pendidikan Biologi FKIP UAD di Desa Wisata Tinalah

Gerakan Tree Planting Pendidikan Biologi FKIP UAD di Desa Wisata Tinalah - Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Pendidikan Biologi (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan lakukan gerakan tree planting (tanam pohon) di kawasan Desa Wisata Tinalah, Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DIY yang dilaksanakan hari Minggu (15 Desember 2019). Kegiatan ini merupakan bentuk program sosial dan pengabdian Program studi - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi.

tanam pohon pendidikan biologi uad di desa wisata tinalah kulon progo

Kegiatan ini bertujuan untuk penghijauan kawasan Desa Wisata Tinalah di setiap dusun. Di desa wisata Tinalah (Dewi Tinalah) terdapat 14 dusun. Panitia membagikan 345 bibit pohon untuk 14 dusun dan kawasan pengembangan Dewi Tinalah.

Kepala desa Purwoharjo, Ari Wibowo, A.Md., program ini sangat bagus dan sangat membantu program penghijauan di kawasan Dewi Tinalah, diharapkan nantinya bibit yang sudah tumbuh besar dapat menjadi penjaga erosi, bibit buah yang ditanam di kawasan Dewi Tinalah dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung. Kegiatan ini juga menghadirkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.


Bibit tanaman yang ditanam di kawasan Dewi Tinalah meliputi bibit kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron), jati, sengon, mahoni, munggur, ketapang, jambon, pule, gmelina, nangka, sirsak, jeruk, dan kalpataru.


tanam pohon pendidikan biologi uad di desa wisata tinalah kulon progo

Dengan terlaksananya kegiatan ini, harapannya bukan hanya menjadi program sesaat, tetapi masyarakat yang telah menerima bibit tersebut dapat merawat bibit dengan baik, memberi pupuk dan menyiran bibit sehingga tumbuh dengan optimal.