Pemuda Desa Wajib Kuasai TIK untuk Mengembangkan Desa -->

Pemuda Desa Wajib Kuasai TIK untuk Mengembangkan Desa

Dewi Tinalah – Desa saat ini merupakan tonggak untuk Indonesia bisa berkembang. Dengan berbagai potensi yang ada di desa dapat dikembangkan untuk berbagai hal dan menambah nilai perekonomian desa, sehingga akan mengurangi masyarakat desa untuk keluar dari desanya. Hal ini tentu menjadi tantangan dan tanggung jawab semua komponen masyarakat desa untuk memikirkan masa depan desa.

 

pemuda-desa-kuasai-tik
Pemuda desa berperan aktif mengembangkan desa dengan memanfaatkan TIK

Banyak potensi yang dapat dikembangkan di desa, dari potensi wisata dan produk UMKM. Potensi ini akan semakin cepat berkembang jika pemuda yang ada di desa turut aktif terlibat dalam pengembangan desa. Kekuatan pemuda desa nantinya sangat memberikan peran untuk pengembangan desa yang semakin optimal. Kekuatan ini diantaranya adalah kemampuan daya kreasi, inovasi, dan melek TIK.

 

Penguasaan TIK Dasar

Saat ini sebagai pemuda desa wajib menguasai TIK, yaitu pamah tentang perkembangan dan pemanfaatan TIK untuk pengembangan desa. Jika pemuda desa telah mampu menguasai TIK dapat mengembangkan potensi desa lebih optimal.

Pemuda desa yang mampu menguasai TIK akan mempu melihat perkembangan yang ada di sekitar, apa yang menjadi trend dan kebutuhan saat ini. Dengan mempu memanfaatkan data, pemuda desa dapat berinovsi dan menyediakan kebutuhan yang sedang menjadi trend atau memberikan kebutuhan yang banyak dicari.

Dengan kemampuan analisa data TIK, pemuda desa nantinya bisa memetakkan kebutuhan apa saja yang harus disiapkan dan didistribusikan. Kemampuan dasar TIK ini harus selalu dipelajari dan diterapkan untuk pengembangan desa secara bertahap.