Pemuda Desa Wisata Tinalah Kembangkan Aplikasi Reservasi Desa Wisata -->

Pemuda Desa Wisata Tinalah Kembangkan Aplikasi Reservasi Desa Wisata

 Perkembangan TIK saat ini memberikan dampak yang luar biasa diberbagai sektor. Dunia saat ini masuk dalam era digital dan internet, dimana setiap kegiatan mayoritas dilakukan dengan online dan berbagai distribusi pesan dilakukan dengan bentuk digital. Tidak terkecuali, program digitalisasi dan layanan internet juga masuk di dalam program pengembangan desa wisata.

 


 Download Aplikasi Dewi Tinalah

 

Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) dari 2013 sampai saat ini telah konsisten memanfaatkan TIK sebagai salah satu bentuk pengelolaan promosi atraksi paket wisata desa wisata, diantaranya menggunakan media sosial (facebook, instagram, twitter, pinterest, dan linkedin), dan memanfaatkan web blog untuk penyampaian informasi Dewi Tinalah.

Selain itu, berdasarkan data penggunaan internet, akses internet dan informasi saat ini juga banyak menggunakan Mobile Phone dengan dikeluarkannya berbagai bentuk aplikasi baik di Android maupun di IOS. Berbagai instansi, lembaga, ataupun perusahaan membuat akses layanan menggunakan Aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan berbagai akses informasi.

Kondisi ini menjadi latar belakang Dewi Tinalah untuk mengembangkan Aplikasi Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) yang memberikan kemudahan para wisatawan untuk mengakses informasi lengkap Dewi Tinalah dan memudahkan wisatawan untuk melakukan reservasi kegiatan di desa wisata.

Di Bulan Oktober 2020, Dewi Tinalah telah berhasil membuat dan merelease Aplikasi Layanan Desa Wisata Tinalah di Google Play Store (Google Play) khusus untuk pengguna Android. Wisatawan yang mempunyai Smartphone dengan sistem operasi Android dapat mengakses aplikasi tersebut di Google Play dengan menuliskan kata kunci Desa Wisata Tinalah.

Layanan yang ada di Aplikasi Desa Wisata Tinalah meliputi informasi Dewi Tinalah dari profil desa wisata, paket atraksi desa wisata, lokasi map desa wisata, informasi web Dewi Tinalah, reservasi paket atraksi desa wisata secara online. Layanan di aplikasi Desa Wisata Tinalah ini akan terus dikembangkan dan diperbaharui secara bertahap untuk melengkapi berbagai informasi dan layanan di aplikasi tersebut.

Keberhasilan Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) dalam pengelolaan pemasaran secara online dan pengembangan aplikasi desa wisata tidak terlepas dari peran pemuda desa. Salah satu majunya desa wisata adalah peran dan keterlibatan pemuda desa dalam mengelola desa wisata dengan berbagai energi serta daya ide kreatif yang selalu berkembang.

Harapannya, apa yang telah dilakukan oleh Dewi Tinalah ini dapat menjadi inspirasi desa wisata di Kulon Progo, desa wisata di Yogyakarta, dan seluruh desa wisata di Indonesia untuk dapat memanfaatkan TIK sebagai salah satu alat untuk mengelola desa wisata sehingga nantinya dapat memudahkan untuk mengelola data, dan menyampaikan informasi desa wisata dengan cepat, massif, dan tertarget sesuai dengan rencana pengembangan desa wisata.

Bagi Anda yang berperan sebagai pengelola desa wisata juga dapat belajar langsung dari apa yang telah dilakukan oleh desa wisata dalam mengelola desa wisata menggunakan TIK dari pengelolaan keuangan, pengelolaan pemasaran menggunakan media sosial, nomor 1 di halaman Google, optimasi Youtube untuk pemasaran desa wisata, dan pengembangan aplikasi desa wisata (narahubung Galuh 085729546678).

Dengan ini, nantinya setiap desa wisata di seluruh Indoesia dapat lebih mandiri dan cepat dalam menyampaikan berbagai informasi pemasaran untuk para wisatawan sehingga mempunyai kesempatkan untuk memajukan desa wisata yang dikembangkan.