Lomba Desa Wisata 2021 Hadiah Rp 600 Juta - Cek Info dan Panduan Desa Wisata Award -->

Lomba Desa Wisata 2021 Hadiah Rp 600 Juta - Cek Info dan Panduan Desa Wisata Award

Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) – Di masa pandemi pelaku pariwisata khususnya desa wisata akan berkesempatan memperoleh hadiah Rp 600 juta berupa uang tunai dan pendampingan melalui Program Desa Wisata Award 2021 yang diselenggarakan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

 

lomba desa wisata 2021 - desa wisata award 2021 bank central asia Tbk BCA
 
Pandemi Covid 19 berdampak pada sektor industri pariwisata di Indonesia termasuk Desa Wisata sehingga mengalami penurunan pendapatan dan motivasi pada pengelola desa wisata. Maka perlu upaya untuk membangkitkan motivasi masyarakat desa wisata untuk bertahan, berjuang, dan berpikir kreatif untuk menghadapi era normal baru.

 

DOWNLOAD PANDUAN DESA WISATA AWARD 2021


Program Desa Wisata Award 2021 BCA yang juga bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memiliki empat kategori yang dapat diikuti yakni Desa Wisata Berbasis Alam, Desa Wisata Berbasis Budaya, Desa Wisata Berbasis Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Digital.


Total hadia Rp 600 juta tersebut nantinya akan dibagi menjadi total Rp 150 juta untuk setiap kategori dari empat kategori lomba yang ada. Masing-masing kategori akan dipilih tiga pemenang. Pemenang pertama dari setiap kategori memperoleh hadiah berupa uang tunai dan pembinaan sebesar Rp 75 juta. Juara kedua dari masing-masing kategori mendapat hadiah sebesar Rp 50 juta dan pembinaan. Juara ketiga mendapat hadiah sebesar Rp 25 juta dan pembinaan.

 

lomba desa wisata 2021 - desa wisata award 2021 bank central asia Tbk BCA Yogyakarta


Program Lomba Pendaftaran Peserta & Seleksi Administrasi dimulai dari 13 April - 7 Mei 2021. Pengumuman Top 20 Desa Wisata dilaksanakan pata 7 Juni 2021. Pembekalan online bagi Top 20 direncanakan pada 14-15 Juni 2021. Kegiatan kunjungan ke Top 20 Desa Wisata diagendakan 16 - 30 Juni 2021. Pelaksanaan penjurian online pada 6 - 7 Juli. Rangkaian akhir yaitu pengumuman Pemenang Desa Wisata Award 2021 akan dilaksanakan 9 Juli 2021.

 

Baca Juga: Konsep Desa Wisata Jangan Salah Kaprah


Dalam Desa Wisata Award 2021 ini terdapat dua kriteria penilaian. Pertama New Business Concept, yaitu desa wisata mampu menciptakan kegiatan usaha baru. Ke dua Continuous Improvements Proces, yaitu usaha desa wisata yang dijalankan terus menerus mengembangkan dan memperbaiki produk, layanan, ataupun proses.

 

Maksud Lomba Desa Wisata 2021

  • Meningkatkan promosi wisata Desa yang lebih flexible dan terkoneksi
  • Mengapresiasi Desa dalam pengembangan Desa Wisata untuk percepatan pembangunan Desa dan,
  • Mendorong BumDesa untuk berperan aktif dalam pengelolaan destinasi wisata di desa.


Tujuan

  • Mempromosikan desa wisata di Indonesia sebagai salah satu tujuan kunjungan wisata, baik didalam maupun diluar negeri melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  • Mengangkat keanekaragaman potensi unggulan Desa di Indonesia sebagai salah satu elemen penting dalam mendukung percepatan pengembangan Desa wisata.
  • Mendorong BumDesa untuk bersinergi dengan berbagai elemen dan pemangku kepentingan pariwisata untuk menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif.


Tahap Seleksi

  • Calon peserta bisa mendaftar melalui website BCA dengan alamat bca.co.id/DesaWisataAward
  • Pendaftaran dapat di isi di ; bca.co.id/DesaWisataAward
  • Panitia CSR BCA akan menyeleksi makalah
  • 20 Makalah terpilih akan dipresentasikan secara virtual dihadapan juri hingga pemilihan dan pengumuman pemenang.


Persyaratan dan Ketentuan Lomba Desa Wisata 2021

  • Peserta adalah Desa wisata yang telah bergulir dalam waktu sekurang kurangnya 1 tahundan telah memiliki paket wisata baik berupa daya tarik alam atraksi Budaya, berbasis kreativeberbasis digital.
  • Peserta adalah Desa Wisata yang diinisiasi serta dikembangkan oleh organisasi dan sumber daya lokal contoh Karang Taruna, BumDes, Kelompok Sadar Wisata.
  • Peserta yang mewakili dan mengikuti kompetisi adalah anggota dari kelembagaan wisata tersebut bukan pihak luar dan tercatat sebagai warga desa setempat
  • Peserta tidak sedang mengikuti lomba desa wisata tingkat Nasional yang lain;
  • Peserta wajib menuliskan cerita story telling tentang aktivitas dan potensi Desa Wisata - Form template disediakan di bca.co.id/DesaWisataAward
  • Peserta yang mendaftar akan dihubungi untuk melengkapi dokumen sesuai syarat pendaftaran di bca.co.id/DesaWisataAward
  • Semua cerita foto /video merupakan hasil karya Desa sendiri dan tidak melanggar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).


Cara mengikuti kompetisi  yaitu dengan menentukan kategori dari karya yang hendak dibuat dan diajukan untuk kompetisi. Tentukan inovasi dari karya yang hendak dibuat dan diajukan untuk kompetisi Isi dan lengkapi formulir dalam situs yang telah disebutkan sebelumnya.

Diharapkan dengan Program Desa Wisata Award 2021 oleh PT BCA Tbk akan menjadi tonggak awal pembangunan Industri Pariwisata Nasional melalui Desa Wisata berbasis pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan masyarakat di seluruh Desa Indonesia untuk berperan aktif membangun potensi unggulan mereka.