Merti Bumi Tinalah 2017 -->

Merti Bumi Tinalah 2017



26 Agustus 2017 – Desa Purwoharjo (Desa Wisata Tinalah) menggelar Merti Bumi Tinalah. Acara ini merupakan bentuk syukur masyarakat  ke pada Tuhan Yang Maha Tunggal atas segala bentuk rizki di bumi dan hasil panennya. Kegiatan diikuti oleh warga dari 14 dusun di Desa Purwoharjo. Setiap dusun menyajikan betuk tumpeng dan hasil bumi yang dihias dengan menarik. Tidak hanya itu, setiap dusun juga menampilkan kesenian khasnya.

Tema Merti Bumi Tinalah, yaitu “Sengkut Gemregut Hambangun Projo, Rukun Agawe Santoso” yang berarti membangun tempat tinggal dengan semangat gotong royong dan sungguh-sungguh, dengan penuh kerukunan supaya tercipta kondisi yang tentram dan sejahtera. Hal ini untuk memberikan semangat bagi warga di Purwoharjo agar selalu menciptakan suasana yang tentram dengan penuh tanggung jawab dalam menjalani setiap aktivitasnya.

Baca Juga: Wisata Alam Puncak Kleco Gelar Tradisi Wiwitan Angler Tandur. Apa itu?

Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh setempat, pejabat tingkat kecamatan Samigaluh dan kabupaten Kulon Progo. Dalam acara ini  dilakukan tabur bunga di Sungai Tinalah yang menjadi simbol rasa syukur dan kesejahteraan warga Purwoharjo. Pada akhir acara ditampilkan beberapa pentas seni berupa sholawatan dari siswa sekolah dasar di Purwoharjo dan atraksi jatinal versi anak-anak. Rangkaian kegiatan Merti Bumi Tinalah dilanjutkan dengan  acara pentas ketoprak dan dan wayang pada malam harinya. (Admin)