Pesona Alam dan Budaya

27 March 2018

Camping dan Demo Kuliner SMA 3 N Yogyakarta PADMANABA di Desa Wisata Tinalah

Camping dan demo kuliner SMA 3 N Yogyakarta - PADMANABA pada tanggal 24 s.d. 26 Maret 2018 mengadakan kegiatan perkemahan di Bumi Perkemahan Desa Wisata Tinalah. Kegiatan terlaksana dengan baik. Peserta kemah begitu antusias mengikuti  setiap acara yang sudah dijadwalkan. 

Dalam kegiatan perkemahan ini, terdapat salah satu acara yaitu demo masak kuliner. Peserta diajak untuk terlibat langsung dalam pembuatan makanan dari singkong (Manihot utilissima) dan daun pegagan (Centella asiatica L.). Olahan singkong dibuat menjadi geblek, termpos, dan singkong goring yang empuk. Sedangkan, daun pegagan dioleh menjadi anekan makanan kripik yang gurih dan kriuk. Pemateri demo kuliner diisi oleh warga di Desa Wisata Tinalah.

Dalam kegiatan perkemahan ini, terdapat salah satu acara, yaitu demo masak kuliner. Peserta diajak untuk terlibat langsung dalam pembuatan makanan dari singkong (Manihot utilissima) dan daun pegagan (Centella asiatica L.). Olahan singkong dibuat menjadi geblek, trempos, dan singkong goreng yang empuk. Sedangkan, daun pegagan dioleh menjadi anekan makanan kripik yang gurih dan kriuk. Pemateri demo kuliner dari warga di Desa Wisata Tinalah.

Salah satu peserta terlibat langsung dalam pembuatan geblek yang terbuat dari singkong. Dari proses pemarutan dan pemerasan, kemudian melakukan proses penggorengan bahan-bahan yang sudah di bentuk menjadi geblek. Begitu juga dengan pembuatan kripik daun pegagan, peserta terlibat langsung dalam proses penggorengan. Dari kegiatan ini terlihat mana peserta yang jarang masak dan suka masak, dari gesture cara menggorengnya.

camping dan demo kuliner jogja - sma n 3 yogyakarta - padmanaba - desa wisata tinalah kulon progo - yogyakarta - jogja istimewa

 “Singkongnya mantap. Anget dan enak. Gurih juga rasanya. Tadi saya sudah nyoba semuanya, dari geblek, trempos , dan singkong gorengnya. Saya lebih suka olahan gebleknya. Kenyil-kenyil enak”, jelas salah satu peserta demo kuliner.
Bagi Anda yang akan melakukan kegiatan seperti camping, outbound Jogja, gathering, forum komunitas, dan wisata alam bisa berkunjung di Desa Wisata Tinalah. Lokasi Desa Wisata Tinalah berada di Jalan Persandian Km. 5 Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Area camping ini (Desa Wisata Tinalah) berada di kawasan Pegunungan Menoreh Kulon Progo.

Informasi camping area dan demo kuliner Jogja

Informasi camping area dan demo kuliner untuk wilayah Yogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul di Desa Wisata Tinalah, Klik. SMS/WA/TELP. +6285200552054 BBM: 59D4CD01 (Mas Bams).