Pesona Alam dan Budaya

06 March 2019

Bumi Perkemahan Jogja Tingkatkan Layanan Standar Usaha Bumi Perkemahan – Desa Wisata Tinalah

Bumi Perkemahan Jogja Tingkatkan Layanan Standar Usaha Bumi Perkemahan – Desa Wisata Tinalah. Banyaknya bumi perkemahan di Jogja membuat penyedia tempat kemah Jogja berupa bumi perkemahan untuk selalu meningkatkan mutu, layanan, dan pengelolaannya. Hal ini terkait dengan usaha pariwisata yang menyediakan barang atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dan penyelenggaraan pariwisata.


Bumi Perkemahan Jogja di Samigaluh Kulon Progo - Desa Wisata Tinalah - Bumi Perkemahan Kulon Progo

Bumi perkemahan adalah tempat di alam terbuka, dimana para pemakai dapat mendirikan kemah-kemah untuk keperluan bermalam dan melakukan keigatan sesuai dengan motivasinya. Bermalam di alam terbuka ini menggunakan tenda. Pengertian tersebut merupakan definisi yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2015 tentang Standar Usaha Bumi Perkemahan.

Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) sebagai salah satu desa wisata di Jogja dan desa wisata di Kulon Progo mempunyai layanan akomodasi berupa tempat kemah / camping dan bumi perkemahan Jogja yang berada di kawasan Pegunungan Menoreh Kabupaten Kulon Progo. Sebagai penyedia layanan bumi perkemahan di Jogja dan Kulon Progo, Dewi Tinalah berupanya meningkatkan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan bumi perkemahan sesuai Permen RI No. 24 Tahun 2015. Hal ini penting dilakukan untuk memenuhi kriteria minimal dalam aspek produk, aspek pelayanan, dan aspek pengelolaan bumi perkemahan.

Pemenuhan kriteria usaha bumi perkemahan Dewi Tinalah dilakukan dengan cara penilaian mandiri atau evaluasi diri (EVADI) pemenuhan standar yang mencakup aspek produk, pelayanan, dan pengelolaan usaha bumi perkemahan. Aspek produk terdiri dari unsur lahan, area perkemahan (camping ground), penanda arah, dan fasilitas penunjang. Aspek pelayanan terdiri dari unsur pelaksanaan prosedur operasional standar (standar operating procedure) dan pelayanan lainnya. Aspek pengelolaan terdiri dari unsur organisasi, manjemen, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana. 


Aspek produk Bumi Perkemahan Dewi Tinalah mempunyai lahan 3 Ha, minimal luas paling sedikit sesuai peraturan adalah 2,5 Ha dengan memiliki batas-batas yang jelas. Kontur lahan di bumi perkemahan memiliki kriteria yang stabil. Tersedia pintu masuk dan keluar kawasan yang berbeda dan dilengkapi dengan pos keamanan di sekretarian Dewi Tinalah.

Bumi Perkemahan Dewi Tinalah berada di kawasan Pegunungan Menoreh, dan berada di kawasan Sungai Tinalah, berdasarkan area perkemahan tempat ini mempunyai kondisi yang bersih, aman, nyaman dan terawat. Memiliki tata letak penempatan tenda (camping ground). Petunjuk arah ke Bumper Dewi Tinalah memiliki petunjuk arah yang jelas, 5 Km sebelum tempat ini telah ada penanda arah menuju kawasan Desa Wisata Tinalah.

Baca Juga: Outbound Seru Jogja di Desa Wisata Tinalah

Fasilitias penunjang di Bumi Perkemahan Jogja di Dewi Tinalah juga telah memenuhi kriteria standar usaha bumi perkemahan. Di sini terdapat fasilitas parkir yang bersih, aman, dan terawat. Terdapat toko serba ada, area olahraga, ruang terbuka hijau, tempat sampah, perlengkapan dan peralatan sound system, area permainan dan perlengkapannya, tempat pertemuan berupa pendopo dan omahku dengan kapasitas lebih dari 50 orang (minimal), dapur umum, perlengkapan dan peralatan masak, ruang/tempat ibadah bersih dan terawat, kamar mandi dan toilet bersih dan terawat, terdapat penangkal petir, dan tempat sampah tertutup.

Aspek pelayanan di Bumper Dewi Tinalah Jogja telah sesuai denan SOP, yaitu tersedia informasi mengenai produk, harga, pembayaran, nomor telepon penting, guide map, dan daya tari wisata di kawasan Desa Wisata Tinalah. Di sini telah terdapat layanan pelaksanaan reservasi dan dan pendaftaran pengunjung, penanganan check ini – check out dan pembayaran, pelaksanaan pembayaran berupa DP (down payment = uang muka) dan pelunasan, penanganan keselamatan dan keamanan, pemeliharaan fasilitas dan lingkungan, penanganan keluhan pengunjung.


Bumi Perkemahan Jogja di Samigaluh Kulon Progo - Desa Wisata Tinalah - Bumi Perkemahan Kulon Progo v2

Dari aspek pengelolaan, bumi perkemahan di Desa Wisata Tinalah (BPDWT) merupakan suatu organisasi yang telah memiliki profil struktur organisasi, uraian tugas dan fungsi dari setiap jabatan struktural. Dokumen-dokumen kegiatan terdokumentasi dalam kerasipan. Terdapat program kebersihan, perawatan, dan keamanan lingkungan. Terdapat prosedur K3, tersedia P3K. Dewi Tinalah secara kontinu terus memberikan pembekalan untuk program peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan bumi perkemahan dan melakukan evaluasi kinerja SDM secara periodik.

Sebagai penyedia jasa tempat bumi perkemahan di Jogja, Dewi Tinalah terus berupaya meningkatkan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan bumi perkemahan secara periodik. Selain sebagai pilihan perkemahaan dan camping di bumi perkemahan Kulon Progo, Dewi Tinalah juga menjadi pilihan untuk melaksanakan kegiatan perkemahan dari penyelenggara di luar Kabupaten Kulon Progo. Hal ini menjadi tugas Dewi Tinalah untuk nantinya bisa meng-cover berbagai kegiatan perkemahan Jogja di tempat bumi perkemahan Sleman, tempat bumi perkemahan Bantul, dan tempat bumi perkemahan Gunung Kidul.

Baca Juga: Gatehring dan Camping Komunitas Mobil di Dewi Tinalah

Dengan kriteria yang telah dicapai ini, Bumi Perkemahan Dewi Tinalah telah dipercaya oleh berbagai kalangan,  dari sekolah (SD, SMP, dan SMA), perguruan tinggi, komunitas, dan berbagai penyelenggara perkemahan atau camping Jogja. Bagi Anda yang ingin menyelenggarakan kegiatan perkemahan atau camping di Jogja bisa di Bumi Perkemahan Jogja di Desa Wisata Tinalah.

Mari, rencanakan kegiatan camping komunitas dengan Paket Camping Jogja tahun ini di Bumi Perkemahan Jogja di Desa Wisata Tinalah - Dewi Tinalah. Pasti banyak pengalaman menarik yang didapatkan saat Camping Seru Jogja di kawasan Wisata Kulon Progo di Desa Wisata Tinalah. Informasi camping Yogyakarta, camping Bantul, camping Kaliurang, camping Sleman, camping Kulon Progo, camping Gunung Kidul di Desa Wisata Tinalah, Klik. SMS/WA/TELP. +6285200552054 BBM: 59D4CD01 (Mas Bams).