Pemuda Desa Wisata Tinalah Ikuti Pelatihan Dan Pendidikan Wirausaha Muda Desa Wisata Dari Kemenparekraf -->

Pemuda Desa Wisata Tinalah Ikuti Pelatihan Dan Pendidikan Wirausaha Muda Desa Wisata Dari Kemenparekraf

Pemuda Desa Wisata Ikuti Pelatihan Dan Pendidikan Wirausaha Muda Desa Wisata Dari Kemenparekraf - Sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Desa Wisata Tinalah (Dewi Tinalah) mendapatkan kesempatan mengikuti program Diklat Wirausaha Muda di Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan Telkom University dan Sahabat UMKM Indonesia.

 

wirausaha-muda-desa-wisata-tinalah

 

Proses seleksi dilakukan langsung di desa wisata yang dilaksanakan oleh Sahabt UMKM Indonesia, warga yang mempunya usaha (wirausaha muda) mendapatkan kesempatan untuk mendaftar program ini dan ada proses seleksi untuk mengikuti diklat ini. Kriteria usaha yaitu produk dan jasa dengan rentang usia 20 sd 35 tahun.

 

Baca: Pemuda Desa Wisata Tinalah Kembangkan Aplikasi Reservasi Desa Wisata 

 

Kegiatan Diklat dilakukan secara offline dan online (Blended Learning) didampingi oleh Mentor dari Telkom University dan Sahabat UMKM. Kegiatan pra pembelajaran dilakukan di tiga hari (5 sd 7 November 2020) secara offline di Yogyakarta. Pembelajaran online dilakukan dari tanggal 9 sd 20 November 2020 melalui Learning Menagement System (LMS) Telkom University dengan modul people, digital marketing, digital finance, dan business plan.


Modul tersebut menjadi modul dasar yang dipelajari oleh peserta diklat untuk wirausaha muda di desa wisata. Peserta mendapatkan pembelajaran tentang motivasi dan kerativitas untuk menjadi wirasusaha muda serta pengelolaan SDM dalam usaha. Di Modul Digital Marketing, peserta pelatihan mendapatkan pembelajaran tentang perencanaan media digital marketing, pembuatan unique selling point (UPS), strategi pembuatan terintegrasi di media sosial, logo, segmenting targeting positioning iklan, branding dalam perencanaan media, dan strategi pembuatan konten terintegrasi di media digital.

 

Baca: Pemuda Desa Wajib Kuasai TIK untuk Mengembangkan Desa
 

Dalam Modul Digital Finance, peserta diklat mendapatkan pembelajaran tentang dasar digital finance, transaksi akutansi, laporan akutansi dan keuangan, serta penggunaan aplikasi keuangan. Di modul Business Plan, peserta diklat mendapatkan pembelajaran tentang pentingnya business plan, penyusunan businee plan, kerangka business plan, suplemen proposal business plan, dan legalitas UMKM.


Dengan mengikuti pembelajaran untuk modul dasar pengembangan usaha bagi wirausaha muda di desa wisata diharapkan dapat menjadi dasar untuk melakukan optimalisasi usaha yang telah dilakukan. Wirausaha muda di Desa Wisata Tinalah mempunyai produk dan jasa diantaranya adalah, produk fasion dan kraf Binangun Merchandise, Tinalah Homestay, Wingko Tinalah, Rental Tenda, Kripik Pisang Lempoeyang, Produk Kerajinan Kayu, Produk Kerajinan Lukisan Batik.