Pesona Alam dan Budaya

02 February 2019

Bumi Perkemahan Jogja di Samigaluh Kulon Progo - Desa Wisata Tinalah

Bumi Perkemahan Jogja merupakan tempat camping atau tempat kemah Jogja yang digunakan oleh berbagai kalangan untuk bermacam-macam kegiatan outdoor. Bumi Perkemahan Jogja menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin mengadakan berbagai kegiatan yang sifatnya adalah petualangan dan penuh tantangan di kawasan pegunungan Menoreh Kulon Progo. Bumi Perkemahan Jogja merupakan tempat camping atau kemah di kawasan Jogja, camping Sleman, camping Bantul, camping Gunung Kidul, dan camping Kulon Progo. Lokasi luas dan sejuk menjadikan bumi perkemahan Jogja di Kulon Progo menjadi pilihan banyak penyelenggara kegiatan camping atau kemah Jogja. Bumi perkemahan Jogja ini juga merupakan pusat kegiatan pramuka di Bumi Perkemahan Kulon Progo.

Bumi Perkemahan Jogja di Samigaluh Kulon Progo - Desa Wisata Tinalah - Bumi Perkemahan Kulon Progo
 
Kawasan Jogja di kelilingi oleh berbagai pegunungan, salah satunya di bagian barat kota Jogja. Terdapat pegunungan Menoreh yang indah di Kabupaten Kulon Progo. Disini terdapat bumi perkemahan Dewi Tinalah Samigaluh, salah satu desa wisata di Kulon Progo.  Desa Wisata Tinalah atau yang  dikenal dengan Dewi Tinalah memiliki area perkemahan atau tempat camping di Jogja yang luas. Terdapat lahan untuk perkemahan berupa camping ground dan lapangan perkemahan. Kawasan Dewi Tinalah yang berada di pegunungan Menoreh menjadi keunggulan tersendiri, yaitu udara sejuk dan pemandangan indah. Terdapat hamparan persawahan yang terjaga ekosistemnya. Aliran sungai Tinalah menjadi daya tarik kegiatan perkemahan di Dewi Tinalah. Terdapat bukit yang indah dan hijau, yaitu Bukit Talun Miri.

Peserta perkemahan di Dewi Tinalah sangat beragam. Mulai dari perkemahan sekolah (sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas) perguruan tinggi, ataupun komunitas-komunitas. Daya tampung lapangan perkemahan mencapai 600 peserta. Area yang luas ini menjadi pilihan kenapa banyak yang melakukan perkemahan atau camping di Dewi Tinalah di daerah Yogyakarta.


Apa saja fasilitas di Bumi Perkemahan Jogja di Bumi Perkemahan Kulon Progo?


Fasilitas perkemahan di Dewi Tinalah Kulon Progo, tempat perkemahan luas di Yogyakarta, mempunyai fasilita yang lengkap. Terdapat dapur untuk panitai kemah, MCK, tempat ibadah, halaman parkir, penerangan, keamanan dari pengelola Dewi Tinalah, speaker aktif untuk menunjang kegiatan, pemandu trekking saat kegiatan perkemahan, ruang pertemuan berupa Joglo, ruang transit berupa omah jawa, dan arena permainan atau outbound untuk mendukung kegiatan perkemahan Dewi Tinalah Yogyakarta.


Bumi Perkemahan Jogja di Samigaluh Kulon Progo - Desa Wisata Tinalah

Kegiatan Perkemahan di Dewi Tinalah Kulon Progo Yogyakarta, lengkap dengan layanan paket api unggun. Kegiatan api unggun memeriahkan kegiatan perkemahan di Jogja. Menghangatkan suasana malam, dan mengakrabkan jalinan peserta perkemahan. Dengan api unggun di Dewi Tinalah menambah keseruan kegiatan pentas seni saat perkemahan malam hari. Peserta perkemahan akan mendapatkan kehangatan api unggun dari Dewi Tinalah.

Rangkaian  kegiatan perkemahan di Dewi Tinalah, dapat juga disusun berbagai macam kegiatan. Seperti kegiatan susur sungai Tinalah, trekking alam, trekking di bukit Talun Miri, berkeliling di kawasan desa wisata. Jika ingin menambah wawasan sejarah, terdapat juga trekking sejarah di Museum Rumah Sandi yang merupakan cikal bakal Badan Siber dan Sandi Negara. Terdapat kawasan Goa Sriti yang dapat disinggahi, tempat ini merupakan basis strategi Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda di kawasan Pegunungan Menoreh Samigaluh Kulon Progo. Dapat juga wisata alam di Puncak Kleco, disini dapat melihat panorama alam Menoreh, sungai Tinalah, kawasan perkotaan Yogyakarta dapat terlihat dari puncak Kleco.


Baca juga: 5 Paket Kegiatan Wisata Terpopuler di Desa Wisata Tinalah

Pengalaman lain dapat juga didapat saat melakukan perkemahan Jogja di Dewi Tinalah. Pengalaman membuat kuliner desa pun tersaji di Dewi Tinalah. Persert perkemahan kan mendapatkan pengalaman dari warga-warga di dewa wisata tentang kuliner khas desa. Peserta bisa membuat bumbu dan mengolah kuliner desa, dan nantinya dapat membuat sendiri ketika kembali kerumah dari kegiatan perkemahan Dewi Tinalah Kulon Progo. Di sini perserta dapat belajar membuat kuliner makanan geblek, kripik pegagan, wingko Tinalah, sajian minuman jahe merah Muresko, masak sayur ala desa, seperti lodeh, bayem, daun singkong, daun papaya, dan mencari ikan di sungai untuk dimasak dengan berbagai menu yang nikmat dan lezat.

Bagi siapa saja yang ingin melaksanakan kegiatan di Bumi Perkemahan  Jogja di Dewi Tinalah Samigaluh Desa Wisata Kulon Progo dapat menghubungi narahubung Dewi Tinalah. Dapatkan berbagai pengalaman kegiatan di Dewi Tinalah. Kegiatan seru di bumi perkemahan Jogja, berbagai keseruan dan pengalaman.
 

Dapatkan info penting terkait bumi perkemahan Jogja, bumi perkemahan Kulon Progo, bumi perkemahan Sleman, bumi perkemahan Bantul, bumi perkemahan Yogyakarta, bumi perkemahan Magelang, bumi perkemahan Purworejo di info Bumi Perkemahan Jogja di Samigaluh Kulon Progo - Desa Wisata Tinalah.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285200552054&text=Hallo,%20Mas%20Bams,%20Saya%20mau%20tanya%20paket%20dan%20fasilitas%20di%20Dewi%20Tinalah.....